PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF CALISBAR BERBANTUAN PEMBELAJARAN KELOMPOK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA TK KARTIKA VII-3 SINGARAJA

Pramesti, Kadek Mira B. (2019) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF CALISBAR BERBANTUAN PEMBELAJARAN KELOMPOK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA TK KARTIKA VII-3 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1515051037-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1515051037-ABSTRAK.pdf

Download (101kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1515051037-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (141kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1515051037-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1515051037-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1515051037-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1515051037-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1515051037-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (109kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1515051037-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa yang belajar menggunakan media Pembelajaran Interaktif CALISBAR dengan siswa yang belajar menggunakan media LKA (Lembar Kerja Anak) pada tema Diri Sendiri di TK Kartika VII-3 Singaraja (2) mengetahui respon siswa setelah menggunakan media Pembelajaran Interaktif CALISBAR dengan tema Diri Sendiri. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain Post Test Only Control Group Design. Populasi penelitian mencangkup seluruh siswa kelompok B di TK Kartika VII-3 Singaraja. Sampel yang digunakan yaitu kelompok B1 sebagai kelas eksperimen dan kelompok B2 yang digunakan kelas kontrol, dengan jumlah 34 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan lembar posttest untuk mengukur prestasi belajar, dan metode angket untuk mengukur respon siswa. Data prestasi belajar kemudian dianalisis dengan melakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat prestasi belajar yang lebih tinggi dalam pengaruh penggunaan media Pembelajaran Interaktif CALISBAR. Hasil analisis uji-t memperoleh thitung = 7,964 dan ttabel = 2,352 untuk dk sebesar 32 dengan taraf signifikan 5%, karena thitung > ttabel maka H0 ditolak (2) respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran Interaktif CALISBAR didapat persentase hasil akhir respon siswa adalah 81,18% yang tergolong dalam kategori sangat positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Quasi eksperimen, Media Pembelajaran Interaktif CALISBAR, Model Pembelajaran Kelompok
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Kadek Mira B. Pramesti
Date Deposited: 24 Oct 2019 06:55
Last Modified: 24 Oct 2019 06:55
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/451

Actions (login required)

View Item View Item