Suryani, Luh Gede (2019) Analisis Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kimia di SMA Negeri se-Kota Tabanan. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1513031019-COVER.pdf Download (786kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1513031019-ABSTRAK.pdf Download (221kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1513031019-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (342kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1513031019-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (499kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1513031019-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (516kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513031019-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (853kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1513031019-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1513031019-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (437kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1513031019-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan utnuk mendeskripsikan dan menjelaskan (1) profil minat belajar siswa di SMA Negeri Kota Tabanan pada mata pelajaran kimia dan (2) faktor-faktor yang memengaruhi minat belajar pada mata pelajaran kimia. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIPA dan kelas XI MIPA SMA Negeri Kota Tabanan yang berjumlah 418 orang. Jumlah sampel yang digunakan yaitu sebanyak 223 orang dari SMA Negeri 1 Tabanan dan 195 orang dari SMA Negeri 2 Tabanan yang diambil dengan teknik proportionate stratified random sampling. Data mengenai minat belajar kimia diperoleh menggunakan kuesioner, observasi, dan wawancara, sedangkan faktor-faktor yang memengaruhi minat belajar diperoleh melalui kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil minat belajar siswa SMA Negeri di Kota Tabanan secara umum adalah 6% siswa tergolong sangat tinggi, 45% siswa tergolong tinggi, 32% siswa tergolong sedang, 17% siswa tergolong rendah, dan 2% siswa tergolong sangat rendah. Minat belajar kimia siswa di SMA Negeri di Kota dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang memengaruhi minat belajar siswa terhadap mata pelajaran kimia adalah intelegensi, motivasi, dan gaya belajar. Faktor eksternal yang memengaruhi minat belajar siswa pada mata pelajaran kimia adalah keluarga, guru, lingkungan sekolah, lingkungan sosial, dan bahan pelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kimia, minat belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1) |
Depositing User: | Luh Gede Suryani |
Date Deposited: | 23 Oct 2019 07:19 |
Last Modified: | 23 Oct 2019 07:19 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/452 |
Actions (login required)
View Item |