Penerapan Model Flipped Learning dalam Peningkatan Kesiapan Guru Mengelola Pembelajaran IPA di SMP Permata Hati Bali

Ukirsari, Luh Putu Renis (2019) Penerapan Model Flipped Learning dalam Peningkatan Kesiapan Guru Mengelola Pembelajaran IPA di SMP Permata Hati Bali. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1723071019-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1723071019-ABSTRAK.pdf

Download (274kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1723071019-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (327kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1723071019-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1723071019-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1723071019-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1723071019-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1723071019-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (415kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1723071019-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan penerapan model flipped learning di SMP Permata Hati Bali yang difokuskan pada (a) perencanaan pembelajaran, (b) pelaksanaan pembelajaran, (c) penilaian hasil belajar siswa, (d) pengawasan oleh sekolah, dan (e) faktor-faktor yang memengaruhinya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Tiga orang guru dan seorang kepala sekolah dilibatkan dalam penelitian ini. Wawancara, studi dokumen, dan observasi digunakan dalam pengambilan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model flipped learning di SMP Permata Hati Bali belum berjalan secara optimal, karena (a) perencanaan pembelajaran yang belum optimal, (b) pelaksanaan pembelajaran belum sesuai sintaks, (c) penilaian pembelajaran belum memadai dan (d) pengawasan pembelajaran yang belum optimal. (e) Faktor-faktor yang memengaruhi keterlaksanaan model flipped learning, antara lain kemampuan literasi teknologi guru dan siswa, dukungan sekolah, dan dukungan orang tua siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: model flipped learning, inovasi pembelajaran, pengawasan pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S2)
Depositing User: Luh Putu Renis Ukirsari
Date Deposited: 24 Oct 2019 04:54
Last Modified: 24 Oct 2019 04:54
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/453

Actions (login required)

View Item View Item