Amkas, Alfauzi (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa SMP Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613071037-COVER.pdf Download (404kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613071037-ABSTRAK.pdf Download (107kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613071037-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (134kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613071037-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (298kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613071037-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (395kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
1613071037-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (388kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613071037-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR RUJUKAN)
1613071037-DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (127kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613071037-LAMPIRAN.pdf Download (905kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis perbedaan motivasi belajar dan prestasi belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitan ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sawan dengan jumlah siswa yaitu 334 yang tersebar kedalam sebelas kelas. Sampel diambil dengan teknik Simple Random Sampling dengan cara undian berkelompok. Data dalam penelitian ini berbentuk kuantitatif yang terdiri dari data motivasi belajar dan prestasi belajar IPA. Data motivasi belajar siswa diambil menggunakan metode angket dengan instrumen kuesioner berjumlah 40 butir pernyataan dengan Reliabilitas kategori sedang. Pengumpulan data prestasi belajar IPA menggunakan metode tes dengan instrumen tes pilihan ganda berjumlah 20 butir soal dengan Reliabilttas kategori sedang. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan Uji MANOVA dengan melaksanakan uji prasyarat terlebih dahulu. Pengambilan putusan uji hipotesis dengan taraf signifikansi 5% (0,05). Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa, 1) Ada perbedaan motivasi siswa dan prestasi belajar IPA secara bersama-sama antara siswa yang dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan siswa yang dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Langsung, 2) Ada perbedaan motivasi belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan siswa yang dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Langsung, 3) Ada perbedaan prestasi belajar IPA siswa antara siswa yang dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan siswa yang dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Langsung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Jigsaw, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar, |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | ALFAUZI RAJID ARIFOEDIN AMKAS |
Date Deposited: | 27 Oct 2020 06:38 |
Last Modified: | 27 Oct 2020 06:38 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4547 |
Actions (login required)
View Item |