PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ECIRR TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KUTA SELATAN

widayana, i wayan wiyoga (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ECIRR TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KUTA SELATAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1413011102-COVER.pdf

Download (339kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1413011102-ABSTRAK.pdf

Download (118kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1413011102-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (171kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1413011102-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1413011102-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1413011102-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1413011102-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1413011102-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1413011102-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ECIRR terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain post-test only control group. Populasi penelitan ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kuta Selatan tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 174 siswa dan tersebar ke dalam 6 kelas. Sampel dipilih dengan teknik cluster random sampling. Data kemampuan komunikasi matematis siswa diperoleh melalui tes uraian. Berdasarkan data post-test diperoleh rata-rata skor kemampuan komunikasi matematis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran ECIRR adalah 28,172 dan rata-rata skor kemampuan komunikasi matematis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional adalah 20,069. Analisis data menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil pengujian dengan uji t diperoleh nilai thitung = 4,663 dan ttabel = 1,672 sehingga thitung > ttabel, dapat dikatakan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran ECIRR lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pembelajaran konvensional. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ECIRR berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata kunci: Model Pembelajaran ECIRR, Pembelajaran Konvensional, Kemampuan Komunikasi Matematis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Model Pembelajaran ECIRR, Pembelajaran Konvensional, Kemampuan Komunikasi Matematis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: I WAYAN WIYOGA WIDAYANA
Date Deposited: 27 Oct 2020 08:29
Last Modified: 27 Oct 2020 08:29
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4614

Actions (login required)

View Item View Item