PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN TEKNIK SCAFFOLDING UNTUK MATA PELAJARAN BAHASA BALI KELAS 5 SD NEGERI 7 MELAYA

Suphala, I Gede Made Waisya Adi (2020) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN TEKNIK SCAFFOLDING UNTUK MATA PELAJARAN BAHASA BALI KELAS 5 SD NEGERI 7 MELAYA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1615051060-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1615051060-ABSTRAK.pdf

Download (155kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
16150501060-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (66kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
16150501060-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGY PENELITIAN)
1615051060-BAB 3 METODELOGY PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1615051060-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1615051060-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1615051060-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (116kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1615051060-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan rancangan multimedia interaktif dengan teknik scaffolding untuk mata pelajaran Bahasa Bali. Adapun tujuan dari pengembangan multi media interaktif ini adalah untuk membantu proses pembelajaran peserta didik kelas di SD Negeri 7 Melaya dengan tema pengenalan struktur anggota tubuh, hewan dan tumbuhan dalam Bahasa Bali. Teknik Scaffolding digunakan dengan tujuan pendidik dapat memberikan dukungan belajar pada tahap awal secara lebih terstruktur kemudian secara berjenjang menuntun peserta didik ke arah kemandirian peserta didik. Metode yang digunakan adalah research and development (R&D) dengan mangadaptasi penggunaan model ADDIE, yang memiliki beberapa tahapan diantaranya yaitu (i) analysis, (ii) design, (iii) development, (iv) implementation, (v) evaluation. Selain itu, penelitian ini telah melalui beberapa tahapan diantaranya yaitu uji validitas yang dilakukan oleh ahli isi dan ahli media, uji perorangan, uji kelompok kecil, serta uji lapangan yang dilakukan oleh peserta didik kelas V. Untuk mengukur tingkat efektivitas pada produk yang dikembangkan, penelitian ini melakukan uji efektifitas dengan menerapkan perhitungan Gain Score Test dimana dalam perhitungan dibutuhkan nilai perbandingan antara nilai pre-test dan post-test untuk mengukur tingkat kemampuan peserta didik setelah melakukan kegiatan pembelajaran. Hasil yang didapatkan adalah sebesar 0,73 dengan kriteria "efektif". Adapun respon guru dan peserta didik terhadap multimedia interaktif memperoleh hasil rata-rata nilai x ̅ 47% dan 63,43% dengan kategori "sangat positif"

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif, Teori Belajar Vygotsky, Teknik Scaffolding, Mata Pelajaran Bahasa Bali
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: I GEDE MADE WAISYA ADI SUPHALA
Date Deposited: 02 Nov 2020 07:37
Last Modified: 02 Nov 2020 07:37
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4675

Actions (login required)

View Item View Item