PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MATA PELAJARAN QUR'AN HADIST KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH 2 SINGARAJA

Putra, Ryan Ardiansyah (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MATA PELAJARAN QUR'AN HADIST KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH 2 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1615051112-COVER.pdf

Download (936kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1615051112-ABSTRAK.pdf

Download (153kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1615051112-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (235kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1615051112-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1615051112-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (569kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1615051112-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1615051112-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1615051112-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1615051112-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif untuk mata pelajaran Qur’an Hadist kelas VII. Adapun tujuan dari pengembangan multimedia interaktif ini adalah untuk membantu proses pembelajaran di SMP Muhammadiyah 2 Singaraja. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang menggunakan model ADDIE, dimana model ADDIE memiliki beberapa tahapan diantaranya yaitu analysis, design, development, implementation, evaluation. Penelitian ini melibatkan siswa kelas VII dan guru mata pelajaran Qur’an Hadist di SMP Muhammadiyah 2 Singaraja. Pengampilan data dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan angket dan kuisoner. Hasil penelitian yang didapatkan untuk uji kevalidan konten media pembelajaran dari hasil perhitungan validasi ahli yaitu ahli isi dan ahli media mendapatkan nilai 1 dengan kriteria validitas “Sangat Tinggi”. Hasil yang didapatkan dari nilai N-Gain untuk mengetahui keefektifan konten mata pelajaran Qur’an Hadist yaitu 79,34% dengan kriteria tinggi, uji respon guru mendapatkan 82,2% dengan kriteria Baik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif, Qur'an Hadist, ADDIE
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Ryan Ardiansyah Putra
Date Deposited: 03 Nov 2020 00:47
Last Modified: 03 Nov 2020 00:47
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4723

Actions (login required)

View Item View Item