Syafitri, Itda (2021) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS E-LEARNING PADA SISWA KELAS XII MIPA-5 SMA NEGERI 4 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613041056-COVER.pdf Download (330kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613041056-ABSTRAK.pdf Download (207kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613041056-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (295kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613041056-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (443kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613041056-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (516kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613041056-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (366kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613041056-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613041056-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (221kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613041056-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pembelajaran biologi berbasis e-learning efektif ditinjau dari kemandirian siswa; (2) pembelajaran biologi berbasis e-learning efekfif ditinjau dari hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Penelitian ini menggunakan desain penelitian survey sekali waktu (Cross-sectional Survei). Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 4 Singaraja yang terletak di Jalan Melati, Banjar Jawa, Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng Provinsi Bali. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII MIPA-5 SMA Negeri 4 Singaraja. Pendataan dilaksanakan secara online terhadap 36 sampel dalam pembelajaran biologi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji one sample t Test dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Biologi berbasis e-learning efektif ditinjau dari kemandirian belajar dan hasil belajar siswa. Kemandirian belajar berada dalam kategori efektif dengan rerata nilai sebesar 51,80 dan hasil belajar berada atas KKM dengan rerata nilai sebesar 82,08. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Biologi berbasis e-learning efektif ditinjau dari kemandirian belajar dan hasil belajar siswa karena diperoleh nilai p= 0,0001 (p<0,05).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Kemandirian, E-learning, Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Itda Syafitri |
Date Deposited: | 11 Jan 2021 03:03 |
Last Modified: | 11 Jan 2021 03:03 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4837 |
Actions (login required)
View Item |