Septyarini, Yassinta Dwi Ayu (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KEMAMPUAN GERAK LOKOMOTOR ANAK KELOMPOK A TAMAN KANAK-KANAK GUGUS VI KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611061026-COVER.pdf.pdf Download (739kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611061026-ABSTRAK.pdf.pdf Download (448kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611061026-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf.pdf Download (432kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611061026-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (530kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611061026-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (460kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611061026-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (581kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611061026-BAB 5 PENUTUP.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611061026-DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf Download (365kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611061026-LAMPIRAN.pdf.pdf Download (770kB) |
Abstract
Perkembangan anak usia dini dalam pembelajaran sangat penting. Perkembangan anak dapat dilihat melalui perkembangan motorik anak. Motorik anak dapat dibagi menjadi dua yaitu motorik kasar dan motorik halus. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian kemampuan gerak lokomotor anak usia dini dengan menggunakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan RDR (Research, Development, Research). Gerak lokomotor anak termasuk kedalam perkembangan motorik kasar. Gerak lokomotor anak usia dini meliputi meloncat, melompat, dan berlari. Instrumen penilaian kemampuan gerak lokomotor anak kelompok A Taman Kanak-Kanank Gugus VI Kecamatan Buleleng merupakan subjek penelitian dengan meyertakan kisi-kisi serta mengembankan kedalam kuisioner dengan 12 butir pernyataan. Setiap butir pernyataan telah diuji oleh ahli/pakar pada bidangnya sehingga validitas dan reliabilitas suatu instrumen dapat terpenuhi. Instrumen yang dikembangkan memiliki validitas dan reliabilitas yang sangat tinggi dengan skor 0,91 dan 0,81. Hasil tersebut mengindikasikan bahwa instrumen yang telah dikembangkan dapat diterapkan dan digunakan sebagai mana mestinya dalam pembelajaran. Kata kunci, instrumen penilaian, gerak lokomotor anak usia dini, validitas, reliabilitas
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci, instrumen penilaian, gerak lokomotor anak usia dini, validitas, reliabilitas. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | YASSINTA DWI AYU SEPTYARINI |
Date Deposited: | 08 Feb 2021 01:26 |
Last Modified: | 08 Feb 2021 01:26 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4893 |
Actions (login required)
View Item |