Nadapdap, Mona Ratuliu (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) BERMEDIAKAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI DI GUGUS I KECAMATAN BULELENG KABUPATEN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031239-COVER.pdf Download (784kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031239-Abstrak.pdf Download (143kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031239-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (337kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TORI)
1611031239-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (361kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031239-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (782kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031239-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (478kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031239-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031239-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (163kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031239-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan siswa yang mengikuti model pembelajaran Two stay two stray (TSTS) bermediakan mind mapping terhadap hasil belajar IPA di kelas V SD Gugus I Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dan menggunakan rancangan non-equivalent posttest control grup design. Data diperoleh melalui pemberian tes pilihan ganda pada tahap akhir pemberlakuan. Hasil perhitungan uji-t diperoleh thitung= 5,21 sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan (n1 + n2 – 2 ) = 22 + 23 – 2 = 43 adalah 2,02. Mengingat thitung lebih besar dari pada ttabel maka H0 ditolak. Ini berarti, terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran two stay two stray bermediakan mind mapping dan siswa yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran two stay two stray bermediakan mind mapping pada siswa kelas V SD Negeri di Gugus I Kecamatan Buleleng. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran two stay two stray bermediakan mind mapping terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri di Gugus I Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2019/2020. Untuk mewujudkan hasil belajar sesuai harapan, guru harus menjadi lebih kreatif lagi dalam pemilihan model dan media pembelajaran sehingga siswa terpacu untuk lebih aktif dan kreatif lagi, salah satunya penggunaan model two stay two stray bermediakan mind mapping. Kata-kata kunci : Hasil Belajar, Mind Mapping, TSTS
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Mind Mapping, TSTS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | MONA RATULIU NADAPDAP |
Date Deposited: | 11 Feb 2021 01:04 |
Last Modified: | 11 Feb 2021 01:04 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4978 |
Actions (login required)
View Item |