PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBASIS EDMODO PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 MENGWI

Rahman, Dedi (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBASIS EDMODO PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 MENGWI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1615051043-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1615051043-ABSTRAK.pdf

Download (371kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1615051043-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (218kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1615051043-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (543kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1615051043-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1615051043-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1615051043-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1615051043-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1615051043-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan rancangan dan implementasi pengembangan media pembelajaran e-learning dengan model pembelajaran Flipped Classroom berbasis Edmodo pada mata pelajaran Informatika kelas VII di SMP Negeri 2 Mengwi, (2) Mengetahui respon guru dan peserta didik terhadap Pengembangan Media Pembelajaran e-learning dengan model pembelajaran Flipped Classroom berbasis Edmodo pada mata pelajaran Informatika Kelas VII di SMP Negeri 2 Mengwi. Penelitian ini menerapkan jenis penelitian Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini melibatkan peserta didik kelas VII di SMP Negeri 2 Mengwi dan guru mata pelajaran Informatika di SMP Negeri 2 Mengwi. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner/angket. Hasil penelitian menunjukan (1) Hasil rancangan dan implementasi media pembelajaran e-learning dengan model Flipped Classroom berbasis Edmodo pada mata pelajaran Informatika berhasil diterapkan berdasarkan hasil uji validasi dari ahli isi, ahli desain, dan ahli media pembelajaran menunjukan nilai rata-rata koefisien Aiken’s V sebesar 0,89 dengan kriteria Sangat Valid, (2) Hasil dari perhitungan respon guru dan peserta didik menunjukan skor rata-rata 40 untuk guru dan 61.8 untuk peserta didik dan termasuk dalam kategori Sangat Positif dan Sangat Praktis. Kata kunci: Media Pembelajaran E-learning, Flipped Classroom, Edmodo, Informatika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran E-learning, Flipped classroom, Edmodo, Informatika.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: DEDI RAHMAN
Date Deposited: 18 Feb 2021 08:08
Last Modified: 18 Feb 2021 08:08
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5197

Actions (login required)

View Item View Item