PENGEMBANGAN KONTEN E-LEARNING BERBASIS SELF REGULATED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AIRLINE RESERVATION KELAS XI UPW DI SMK NEGERI 1 SINGARAJA

WAHYUNI, ANI SRI (2019) PENGEMBANGAN KONTEN E-LEARNING BERBASIS SELF REGULATED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AIRLINE RESERVATION KELAS XI UPW DI SMK NEGERI 1 SINGARAJA. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
1429071003-COVER.pdf

Download (429kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1429071003-ABSTRAK.pdf

Download (121kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1429071003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (244kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1429071003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1429071003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1429071003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (705kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1429071003-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1429071003-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (311kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1429071003-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Wahyuni, A.S. (2018). Pengembangan konten e-learning Berbasis Self Regulated Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Airline Reservation Kelas Xi UPW di SMK Negeri 1 Singaraja. Tesis. Teknplogi Pembelajaran, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini telah disetujui dan diperiksa oleh: Pembimbing I: Dr. I Wayan Sukra Warpala, S.Pd., M.Sc, Pembimbing II: Dr. Ketut Agustini, S.Si., M.Si Kata Kunci: Konten E-learning, Self Regulated Learning, hasil belajar Airline Reservation Pengembangan pendidikan menuju e-learning merupakan suatu keharusan agar standar mutu pendidikan dapat ditingkatkan, karena e-learning memiliki tiga kriteria yaitu: (1) e-learning merupakan jaringan dengan kemampuan untuk memperbaharui, menyimpan, mendistribusi serta membagi materi ajar atau informasi, (2) pengiriman yang sampai dengan ke pengguna terakhir melalui komputer dengan menggunakan teknologi internet yang standar, (3) memfokuskan pada suatu pandangan yang paling luas tentang pembelajaran di balik paradigma pembelajaran tradisional Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk berupa konten e-learning Airline Reservation untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar peserta didik kelas XI UPW di SMK Negeri 1 Singaraja. (2) mendeskripsikan tanggapan ahli isi, peserta didik dan guru terhadap konten e-learning Airline Reservation yang dikembangkan; (3) menganalisis efektivitas produk penelitian, dengan melihat perbedaan hasil pretest dan posttest yang dicapai peserta didik. Konten e-learning Airline Reservation yang dikembangkan diharapkan memiliki tingkat keefektifan dan keefesienan yang tinggi sehingga layak digunakan dalam pembelajaran. Untuk itu dilakukan uji coba dalam beberapa tahap yaitu: 1) review oleh ahli isi dan ahli media pembelajaran; 2) review ahli desain; 3) uji coba perorangan; 4) uji coba kelompok kecil; dan 5) uji lapangan. Pengembangan konten e-learning Airline Reservation ini menggunakan model pengembangan Dick & Carey dengan sembilan tahapan pengembangan pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) konten e-learning telah dikembangkan dan dimplementasikan; 2) hasil uji coba ahli isi materi sebesar 93,00% menunjukkan konten e-learning relevan sebagai media pembelajaran, ahli desain pembelajaran sebesar 88,33% pada kategori sangat baik, ahli media pembelajaran sebesar 93,75% pada kualifikasi sangat baik; siswa perorangan sebesar 90,86% pada kualifikasi sangat baik, siswa kelompok kecil sebesar 85,37% pada kualifikasi baik, guru dengan persentase 92,31% pada kualifikasi sangat baik, siswa uji lapangan sebesar 86,42% pada kualifikasi baik; 3) nilai rata-rata posttest 87,86 lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata 77,52. Melihat nilai rerata atau mean posttest yang lebih besar dari nilai rerata atau mean pretest, dapat dikatakan bahwa konten e-learning Airline Reservation dapat meningkatkan hasil belajar airline reservation siswa kelas XI UPW.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Konten E-learning, Self Regulated Learning, hasil belajar Airline Reservation
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pembelajaran (S2)
Depositing User: ANI SRIWAHYUNI
Date Deposited: 23 Oct 2019 07:36
Last Modified: 23 Oct 2019 07:36
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/524

Actions (login required)

View Item View Item