PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERTIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING SEPAKBOLA KELAS VII SMP NEGERI 4 SUKASADA TAHUN PELAJARN 2019/2020

MUHLISIN, AHMAD (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERTIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING SEPAKBOLA KELAS VII SMP NEGERI 4 SUKASADA TAHUN PELAJARN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1516011020-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1516011020-ABSTRAK.pdf

Download (301kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1516011020-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (995kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1516011020-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1516011020-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1516011020-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1516011020-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1516011020-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (431kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1516011020-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar teknik dasar passing menggunakan kaki bagian dalam dan luar dalam permainan sepakbola. Jenis penelitian adalah eksperimen sungguhan (true experimental) dengan rancangan Post Test Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Sukasada tahun pelajaran 2019/2020, keseluruhan kelas berjumlah 5 kelas dengan populasi 170 orang. Pengambilan sampel yang digunakan simple random sampling. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes urian dan unjuk kerja. Analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikan signifikansi =0.05. Data penelitian menunjukkan rata-rata gain skor ternormalisasi pada kelompok eksperimen adalah 77,00, dengan standar deviasi 14.36, sedangkan rata-rata kelompok kontrol adalah 60.00, dengan standar deviasi 16.50. Data berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis diperoleh melalui uji parametrik (uji Independent Samples Test) adalah 0.003<0.05. Berdasarkan analisis data dan pembahasan disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif STAD berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar teknik dasar passing kaki bagian dalam dan luar. Disarankan untuk guru PJOK dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD karena terbukti berpengaruh terhadap hasil belajar sisiwa. Kata kunci : model pembelajaran STAD, hasil teknik dasar passing sepakbola

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1)
Depositing User: Ahmad Muhlisin
Date Deposited: 19 Feb 2021 01:36
Last Modified: 19 Feb 2021 01:36
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5262

Actions (login required)

View Item View Item