Hati, Putu Devi Arys Setia (2021) PENGGUNAAN TUTOR SEBAYA DALAM EKSTRAKURIKULER TEATER BLABAR SMA NEGERI 4 DENPASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1612011045_COVER.pdf Download (383kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1612011045_ABSTRAK.pdf Download (115kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1612011045_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (188kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1612011045_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1612011045_BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
1612011045_BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (512kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1612011045_BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (123kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612011045_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (241kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1612011045_LAMPIRAN.pdf Download (196kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) teknik penyeleksian tutor sebaya dalam bermain teater pada Teater Blabar SMA Negeri 4 Denpasar, (2) teknik pelatihan teater dengan menggunakan tutor sebaya pada Teater Blabar SMA Negeri 4 Denpasar, dan (3) keterampilan siswa bermain teater menggunakan tutor sebaya pada Teater Blabar SMA Negeri 4 Denpasar. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini diperoleh data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu pembina, tutor, dan siswa Teater Blabar. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data yang ada di lapangan dan secara daring, lalu menyajikan data dengan menguraikan data sesuai dengan pembahasan antara teori dengan data yang diperoleh, dan menarik simpulan. Hasil penelitian pada teknik penyeleksian tutor sebaya terdiri atas delapan syarat untuk menjadi tutor sebaya, yaitu kelas XII dan XI yang sudah mengikuti pelantikan (kibar), memiliki prestasi, mendapat persetujuan dari pembina dan siswa lain, memiliki kemampuan berbicara yang baik, berkepribadian yang ramah dan luwes, tidak sombong dan memiliki jiwa penolong serta memiliki daya kreativitas yang cukup. Lalu, terdapat tiga teknik pelatihan teater pada Teater Blabar SMA Negeri 4 Denpasar yaitu tenik olah vokal (vokal dan pernafasan), teknik olah tubuh (gestur dan level), dan teknik olah rasa/sukma (senam wajah, konsentrasi, ekspresi dan penjiwaan). Dari pelatihan teater, maka keterampilan siswa dalam bermain teater terlihat pada mimik, gestur, dan diksi (vokal).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tutor Sebaya, Ekstrakurikuler, Teater Blabar. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HA Statistics |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Putu Devi Arys Setia Hati |
Date Deposited: | 19 Feb 2021 16:00 |
Last Modified: | 19 Feb 2021 16:00 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5303 |
Actions (login required)
View Item |