Mulyani, Asri (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION AUDITORY KINESTETIC (VAK) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031194-COVER.pdf Download (458kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031194-ABSTRAK.pdf Download (295kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031194-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (336kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031194-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (566kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031194-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (536kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031194-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (456kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031194-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (313kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031194-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (209kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031194-LAMPIRAN.pdf Download (647kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Visual Auditori Kinestetik (VAK) terhadap hasil belajar IPA di SD. Metode yang digunakan yaitu meta-analisis review naratif atau review sistematik dengan menganalisis hasil-hasil penelitian yang telah dipublikasikan secara nasional yang berkaitan dengan penggunaa model Visual Auditori Kinestetik terhadap hasil belajar IPA di SD. Sampel analisis adalah lima buah artikel yang telah diterbitkan pada rentang tahun 2013-2020, yang membahas penulisan eksperimen dengan menggunakan model Visual Auditori Kinestetik terhadap hasil belajar IPA. Pendekatan yang digunakan adalalah deskriptif kuantitatif, yaitu menghitung effect size dengan mengindentifikasi mean, standar devisi, dan varian dari perhitungan uji-t. Instrument penulisan berupa lembar pengkodean yang merangkum data dan informasi jurnal. Berdasarkan hasil analisis pengaruh secara keseluruhan didapatkan nilai rata-rata besar pengaruh sebesar 3,67 yang berarti dalam kategori efek besar. Temuan analisis juga menunjukan bahwa model pembelajaran Visual Auditori Kinestetik memberikan pengaruh yang efektif dilihat dari segi wilayah dan variable terikat serta media pembelajaran yang digunakan. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Visual Auditori Kinestetik memberikan pengaruh terhadap hasil belajar IPA di SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Meta-analisis, effect size, Visual Auditori Kinestetik, Hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | ASRI MULYANI |
Date Deposited: | 25 Feb 2021 03:43 |
Last Modified: | 25 Feb 2021 03:43 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5357 |
Actions (login required)
View Item |