ANALISIS PENGELOLAAN PEMBELAJARAN KIMIA PADA KELAS XI MIPA BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI 1 BANJARANGKAN TAHUN AKADEMIK 2019/2020

Putri, Desak Dwi Sukma Angga (2021) ANALISIS PENGELOLAAN PEMBELAJARAN KIMIA PADA KELAS XI MIPA BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI 1 BANJARANGKAN TAHUN AKADEMIK 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1513031056-COVER.pdf

Download (8MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1513031056-ABSTRAK.pdf

Download (8MB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1513031056-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (BAN 2 KAJIAN TEORI)
1513031056-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1513031056-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513031056-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1513031056-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1513031056-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1513031056-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian hasil belajar kimia siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Banjarangkan, serta faktor pendukung dan penghambat dalam melaksanakan pengelolaan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian adalah silabus, RPP, guru dan siswa. Metode yang digunakan dalam mengumpulan data adalah studi dokumen, observasi dan wawancara. Data dianalisis menggunakan teknik deskriptif dalam bentuk uraian singkat. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) perencanaan pembelajaran kimia dilakukan oleh guru dengan membuat program tahunan, program semester, silabus dan RPP. Komponen silabus yang dirancang oleh guru belum memenuhi standar proses dan komponen RPP yang di rancang oleh guru telah memenuhi standar proses. (2) Pelaksanaan pembelajaran kimia yang dilakukan oleh guru belum sepenuhnya sesuai dengan RPP yang disiapkan oleh guru. (3) Penilaian hasil belajar siswa mencakup penilaian pada aspek sikap, keterampilan dan pengetahuan. Penilaian hasil belajar siswa yang dilakukan oleh guru telah sesuai dengan standar penilaian. (4) Faktor yang mendukung dalam melaksanakan pengelolaan pembelajaran adalah MGMP sekolah, alat dan bahan praktikum, sumber belajar dan kelas daring. Faktor yang menghambat dalam melaksanakan pengelolaan pembelajaran adalah perbedaan pemahaman antara guru dengan tuntutan pengawas, ruang laboratorium yang digunakan ruang kelas, listrik yang kurang memadai di setiap kelasnya dan nilai kognitif yang didapatkan oleh siswa rendah, sehingga banyak siswa yang harus mengikuti remidial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata-kata kunci: kurikulum 2013, pengelolaan pembelajaran, pembelajaran kimia, SMA Negeri 1 Banjarangkan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: DESAK DWI SUKMA ANGGA PUTRI
Date Deposited: 21 Feb 2021 16:04
Last Modified: 21 Feb 2021 16:04
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5366

Actions (login required)

View Item View Item