Qosim, Moh. Nanang (2021) Pemanfaatan Vlog dalam Memproduksi Teks Ceramah pada Pembelajaran Berbasis Teks K13 pada Siswa Kelas XI IBB SMAS Laboratorium Undiksha Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1612011050-COVER .pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1612011050-ABSTRAK.pdf Download (145kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1612011050-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (248kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1612011050-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (301kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1612011050-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (394kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612011050-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (571kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1612011050-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (165kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612011050-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (305kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1612011050-LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini, bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan teknik pemanfaatan vlog dalam memproduksi teks ceramah, kendala-kendala yang dihadapi oleh guru dan siswa pada pembelajaran teks ceramah dan mengetahui respons siswa terhadap pemanfaatan vlog dalam memproduksi teks ceramah pada pembelajaran berbasis teks K13 di SMAS Laboratorium Undiksha Singaraja. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Subjek pada penelitian ini, adalah guru bahasa Indonesia dan siswa kelas XI IBB SMAS Laboratorium Undiksha Singaraja, sedangkan objek penelitin ini, adalah bagaimana teknik pemanfaatan vlog dalam memproduksi teks ceramah, kendala-kendala yang dihadapi oleh guru dan siswa saat pemanfaatkan vlog, dan respons siswa terhadap pemanfaatan vlog pada pembelajaran berbasis teks K13 pada siswa kelas XI IBB di SMAS Laboratorium Undiksha Singaraja. Data dikumpulkan dengan melakukan kegiatan observasi ketika berlangsungnya pelajaran dan ketika selesai pelajaran. Setelah itu, melakukan wawancara kepada guru dan siswa terkait kendala-kendala saat belajar menggunakan vlog, dan memberikan angket berupa kuisioner untuk mengetahui respons siswa terhadap pemanfaatan vlog sebagai media pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Angket respons siswa dihitung dengan Skala Likert, hasil diperoleh skor rata-rata respons siswa terhadap pemanfaatan vlog, ialah 42 (positif). Berdasarkan kritera respons siswa menunjukkan dari 17 siswa yang mengikuti pembelajaran sebanyak 8 orang siswa atau 46,4% yang memberikan respons sangat positif, sebanyak 8 orang siswa atau 46,4% memberikan respons positif. Sisanya 1 orang siswa atau 5,8% siswa memberikan respons cukup positif. Serta diperoleh presentase dari seluruh siswa yang mengisi angket respons diperoleh hasil yang positif tiap pernyataan masing-masing item terhadap pemanfaatan vlog dalam memproduksi teks ceramah pada siswa kelas XI IBB SMAS Laboratorium Undiksha.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | teknik pemanfaatan, kendala kendala, respons. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | MOH NANANG QOSIM |
Date Deposited: | 23 Feb 2021 09:14 |
Last Modified: | 23 Feb 2021 09:14 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5432 |
Actions (login required)
View Item |