PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC AUDITORY VIZUALITATION INTELLECTUALLY BERBANTUAN ICEBREAKER TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD GUGUS V KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Wijaya, I Kadek Peri (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC AUDITORY VIZUALITATION INTELLECTUALLY BERBANTUAN ICEBREAKER TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD GUGUS V KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031213-COVER.pdf

Download (434kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031213-ABSTRAK.pdf

Download (53kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031213-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (144kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031213-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031213-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031213-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031213-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031213-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (112kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031213-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC AUDITORY VIZUALITATION INTELLECTUALLY BERBANTUAN ICEBREAKER TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD GUGUS V KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Oleh I Kadek Peri Wijaya, NIM 1611031213 Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar ABSTRAK Penelitian ini termasuk kedalam quasi experiment dengan rancangan non-equevalen post test only group design. Pada penelitian ini memiliki populasi 128 orang siswa kelas V SD Negeri di Gugus V kecamatan Buleleng. Dari populasi tersebut diambil sampel sebanyak 25 siswa dari SDN 1 Petandakan dan 25 siswa dari SDN 1 Nagasepaha, sampel tersebut diperoleh dengan tehnik simple random sampling dengan tehnik undian. Data dari penelitian ini dikumpulkan menggunakan metode tes dan dianalisis statistic deskriptif dan statistic inferensial (uji-t). berdasarkan hasil anlisis data yang telah dilakukan, diperoleh thitung= 3,594 dan ttabel (<P 0,05) = 2,021. Hal ini berarti bahwa thitung>ttabel sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belejar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran SAVI berbantuan Icebreaker dengan kelompok siswa yang mengikuti pemebelajaran yang tidak menerapkan model pembelajaran SAVI berbantuan Icebreaker. Hasil dari penghitungan rata-rata skor hasil belajar IPA kelompok eksperimen adalah 18,34 sedangkan rata-rata skor hasil belajar IPA kelompok kontrol asalah 15,78. Rata-rata skor hasil belajar IPA siswa kelompok eksperimen lebih besar dari kelompok Kontrol, hal ini menandakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pemebelajaran SAVI berbantuan Icebreaker terhadap hasil Belajar IPA siswa kelas V Sekolah Dasar Gugus V Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2019/2020. Kata kunci: SAVI, Icebreaker, hasil belajar, IPA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: SAVI, Icebreaker, Hasil Belajar, IPA.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I KADEK PERI WIJAYA
Date Deposited: 24 Feb 2021 01:38
Last Modified: 24 Feb 2021 01:38
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5523

Actions (login required)

View Item View Item