PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE (SSCS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII-6 DI SMP NEGERI 2 SINGARAJA

Utami, Made Septya Harsini (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE (SSCS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII-6 DI SMP NEGERI 2 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1313011101-COVER.pdf

Download (964kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1313011101-ABSTRAK.pdf

Download (217kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1313011101-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (714kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1313011101-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (791kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1313011101-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (606kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1313011101-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1313011101-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1313011101-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1313011101-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hasil identifikasi masalah pada studi awal menunjukan aktivitas belajar serta pemahaman konsep matematika siswa kelas VII-6 SMP Negeri Singaraja rendah. Upaya untuk memperbaiki proses pembelajaran di sekolah adalah dengan menerapkan model search, solve, create, and share (SSCS). Studi ini ditunjukan yakni (1) meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa, (2) meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa, dan (3) tanggapan siswa pada penggunaan model SSCS di pembelajaran matematika. Jenis studi ini ialah penelitian tindakan kelas. Subjek studi yaitu siswa kelas VII-6 SMP Negeri 2 Singaraja tahun akademik 2019/2020 yakni 30 orang. Data kemampuan aktivitas belajar matematika siswa diperoleh dengan lembar observasi yang didukung dari temuan pada pembelajaran, sedangkan data kemampuan pemahaman konsep matematika siswa didapat dari tes uraian, dan tanggapan siswa melalui angket semi open-ended. Data dianalisa serta dijelaskan melalui presentase dan diagram. Hasil menunjukan rerata skor aktivitas belajar matematika siswa pada siklus III telah memenuhi indikator keberhasilan senilai 34,02 berkategori aktif. Sedangkan rerata kemampuan pemahaman konsep matemaika siswa di siklus III yakni 79,49 berkategori tuntas. Rerata respon siswa berkategori positif sebanyak 38 poin. Terdapat juga temuan siswa yakni: (1) siswa termotivasi untuk mengikuti proses belajar di kelas, dilihat dari antusiasme yang ditunjukan dalam setiap anggota kelompok, (2) siswa semakin terbiasa menggunakan model pembelajaran SSCS dilihat dari adanya interaksi dan tanggapan siswa ketika guru memberikan pertanyaan-pertanyaan atau masalah-masalah terkait materi, (3) siswa memahami masalah yang diberikan, (4) siswa dapat merencanakan solusi penyelesaian masalah, (5) siswa dapat mengkomunikasikan hasil yang di dapat kepada siswa yang lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran SSCS, aktivitas belajar, pemahaman konsep
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Made Septya Harsini Utami
Date Deposited: 24 Feb 2021 02:12
Last Modified: 24 Feb 2021 02:12
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5559

Actions (login required)

View Item View Item