Suplig, Ni Made Silvia Aryanthi (2019) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS PROYEK DI KELAS VIII SMP TUNAS DAUD DENPASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1312011011-COVER.pdf Download (686kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1312011011-ABSTRAK.pdf Download (34kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1312011011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (193kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1312011011-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (571kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1312011011-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
1312011011-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (547kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1312011011-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1312011011-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (100kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1312011011-LAMPIRAN.pdf Download (830kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran dan penjelasan mengenai pembelajaran bahasa Indonesia berbasis proyek pada siswa kelas VIII SMP Tunas Daud Denpasar yang meliputi : perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia berbasis proyek. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII yang berjumlah satu orang, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pembelajaran bahasa Indonesia berbasis proyek pada siswa kelas VIII SMP Tunas Daud Denpasar. Data-data dikumpulkan dengan metode dokumentasi untuk menjawab permasalahan terkait perencanaan, metode observasi dan wawancara untuk menjawab permasalahan terkait pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Data-data yang telah terkumpul dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis didapatkan hasil, yaitu (1) Pada perencanaan pembelajaran berbasis proyek ada beberapa sintak yang luput dari pandangan guru. Guru hanya merancang RPP untuk menunjang proses pembelajaran. Dalam perencanaan pembelajaran tidak hanya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang harus dipersiapkan oleh guru ada komponen lain yang harus di persiapkan oleh guru salah satunya adalah lembar kerja. (2) pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia berbasis proyek telah sesuai dengan kurikulum 2013 yang terdiri atas tiga kegiatan pembelajaran, yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, kegiatan penutup dan sesuai dengan prosedur pelaksanaan berbasis proyek, namun hal-hal yang masih luput dari perhatian guru adalah penyampaian apersepsi, mengaitkan materi yang relevan, dan pemanfaatan alokasi waktu. (3) pelaksanaan evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia berbasis proyek pada siswa kelas VIII SMP Tunas Daud Denpasar guru mengevaluasi pemahaman siswa terhadap teks yang dibahas melalui evaluasi proses. Pada evaluasi proses, penilaian dilakukan secara holistik yang meliputi aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan, namun ada hal yang masih kurang dan perlu disempurnakan yakni guru tidak mencantumkan dengan jelas petunjuk soal yang diberikan kepada siswa dan tidak melaksanakan evaluasi akhir. Pada evaluasi akhir dalam proses pembelajaran berbasis proyek tidak ada produk yang di hasilkan dalam proses pembelajaran tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran bahasa Indonesia, berbasis proyek |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Ni Made Silvia Aryanthi Suplig |
Date Deposited: | 24 Oct 2019 07:06 |
Last Modified: | 24 Oct 2019 07:06 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/559 |
Actions (login required)
View Item |