Analisis Kualitatif Relevansi Strategi Pembelajaran Kimia dengan Motivasi Berprestasi Siswa Kelas X MIA di SMA Negeri 1 Bangli

Hendrayani, Ni Luh Ayu Putu (2019) Analisis Kualitatif Relevansi Strategi Pembelajaran Kimia dengan Motivasi Berprestasi Siswa Kelas X MIA di SMA Negeri 1 Bangli. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1513031005-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1513031005-ABSTRAK.pdf

Download (142kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1513031005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (126kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1513031005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1513031005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513031005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (590kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1513031005-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1513031005-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (124kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1513031005-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Masalah penelitian ini difokuskan pada strategi pembelajaran dan motivasi berprestasi. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan strategi pembelajaran guru kimia, (2) mendeskripsikan motivasi berprestasi siswa pada pembelajaran kimia, dan (3) mendeskripsikan relevansi strategi pembelajaran guru kimia dalam meningkatkan motivasi berprestasi pada siswa. Sampel penelitian ini adalah satu guru kimia serta 135 orang siswa kelas X MIA di SMA Negeri 1 Bangli pada tahun ajaran 2018/2019. Data strategi pembelajaran diperoleh melalui metode observasi dan wawancara, sedangkan data motivasi berprestasi diperoleh melalui metode observasi, wawancara, dan kuisioner. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi pembelajaran guru kimia adalah strategi pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan model pembelajaran problem solving dan metode diskusi kelompok, (2) tingkat motivasi berprestasi siswa pada pembelajaran kimia tergolong tinggi dengan skor rata-rata 129,13 (80,71%), dan (3) relevansi strategi pembelajaran guru kimia dalam meningkatkan motivasi berprestasi siswa tampak melalui aktivitas diskusi kelompok, pembelajaran berbasis masalah, pemberian reward dan punishment, dan umpan balik pada siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: relevansi, strategi pembelajaran, motivasi berprestasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Ni Luh Ayu Putu Hendrayani
Date Deposited: 24 Oct 2019 04:39
Last Modified: 24 Oct 2019 04:39
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/560

Actions (login required)

View Item View Item