Pengembangan Instrumen Keterampilan Membaca Permulaan Anak Kelompok B Taman Kanak-kanak Aisyiah Bustanul Athfal Klungkung Tahun Pelajaran 2019/2020

Safira, Isna (2021) Pengembangan Instrumen Keterampilan Membaca Permulaan Anak Kelompok B Taman Kanak-kanak Aisyiah Bustanul Athfal Klungkung Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611061001-COVER.pdf

Download (802kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611061001-ABSTRAK.pdf

Download (231kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611061001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (415kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611061001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611061001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (613kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611061001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (578kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611061001-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611061001-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (467kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611061001-LAMPIRAN.pdf

Download (626kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan instrumen penilaian keterampilan membaca permulaan anak kelompok B yang valid dan reliabel. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model R&D yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah berupa kuisioner (angket) sedangkan metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode wawancara, observasi, dan kuisioner (angket). Seluruh data yang diperoleh dari hasil pengumpulan data dianalisis validitas dan reliabilitas masing-masing instrumen. Sehingga diperoleh hasil analisis uji validitas pada penelitan ini dengan nilai rata-rata 0,84, yang berarti validitas instrumen memiliki validitas tinggi atau valid. Sedangkan hasil uji reliabilitas instrumen penilaian keterampilan membaca permulaan mendapat perolehan nilai rata-rata 0,81, yang artinya reliabilitas sangat tinggi atau reliabel. Dari hasil perolehan uji validitas dan reliabilitas dapat disimpulkan bahwa pengembanagan instrumen penilaian keterampilan membaca permulaan layak dikembangkan dan digunakan untuk melakukan penilaian kepada anak kelompok B. Kata kunci: Instrumen penilaian, keterampilan membaca permulaan, anak Tk

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Instrumen penilaian, keterampilan membaca permulaan, anak Tk
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Isna Safira
Date Deposited: 25 Feb 2021 08:01
Last Modified: 25 Feb 2021 08:01
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5621

Actions (login required)

View Item View Item