Safira, Isna (2021) Pengembangan Instrumen Keterampilan Membaca Permulaan Anak Kelompok B Taman Kanak-kanak Aisyiah Bustanul Athfal Klungkung Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611061001-COVER.pdf Download (802kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611061001-ABSTRAK.pdf Download (231kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611061001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (415kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611061001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (539kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611061001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (613kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611061001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (578kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611061001-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611061001-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (467kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611061001-LAMPIRAN.pdf Download (626kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan instrumen penilaian keterampilan membaca permulaan anak kelompok B yang valid dan reliabel. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model R&D yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah berupa kuisioner (angket) sedangkan metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode wawancara, observasi, dan kuisioner (angket). Seluruh data yang diperoleh dari hasil pengumpulan data dianalisis validitas dan reliabilitas masing-masing instrumen. Sehingga diperoleh hasil analisis uji validitas pada penelitan ini dengan nilai rata-rata 0,84, yang berarti validitas instrumen memiliki validitas tinggi atau valid. Sedangkan hasil uji reliabilitas instrumen penilaian keterampilan membaca permulaan mendapat perolehan nilai rata-rata 0,81, yang artinya reliabilitas sangat tinggi atau reliabel. Dari hasil perolehan uji validitas dan reliabilitas dapat disimpulkan bahwa pengembanagan instrumen penilaian keterampilan membaca permulaan layak dikembangkan dan digunakan untuk melakukan penilaian kepada anak kelompok B. Kata kunci: Instrumen penilaian, keterampilan membaca permulaan, anak Tk
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Instrumen penilaian, keterampilan membaca permulaan, anak Tk |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | Isna Safira |
Date Deposited: | 25 Feb 2021 08:01 |
Last Modified: | 25 Feb 2021 08:01 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5621 |
Actions (login required)
View Item |