The Effect of English Songs on Third Grade Students' Listening Skill at SDN 3 Banjar Jawa Singaraja

Dewi, Diva Susastra (2019) The Effect of English Songs on Third Grade Students' Listening Skill at SDN 3 Banjar Jawa Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1512021001-COVER.pdf

Download (777kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1512021001-ABSTRAK.pdf

Download (302kB)
[img] Text (BAB 1)
1512021001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (241kB)
[img] Text (BAB 2)
1512021001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
1512021001-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (518kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
1512021001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (571kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
1512021001-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1512021001-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (294kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1512021001-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki apakah lagu bahasa Inggris dapat atau tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap keterampilan mendengarkan siswa kelas tiga SDN 3 Banjar Jawa, Singaraja. Penelitian ini adalah penelitian eksperimental yang menggunakan desain posttest only control group sebagai desain penelitian. Populasinya adalah siswa kelas tiga di sekolah dasar di SDN 3 Banjar jawa. Pengambilan sampel acak ditugaskan untuk memilih sampel penelitian. Ada 30 siswa di Kelas A sebagai kelompok eksperimen yang diajar menggunakan lagu bahasa Inggris dan 30 siswa di Kelas C sebagai kelompok kontrol yang diajar dengan menggunakan pengajaran konvensional. Hasil data yang diperoleh dianalisis secara statistik dan inferensial dengan menggunakan SPSS versi 21.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mendengarkan bahasa Inggris siswa yang diajar dengan menggunakan lagu bahasa Inggris secara signifikan lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan pengajaran konvensional. Terbukti dengan rata-rata kelompok eksperimen adalah 80.56, sedangkan skor mean kelompok kontrol adalah 54.60. Terlebih lagi, hasil analisis uji-t menunjukkan bahwa tobs adalah 7.859. Itu lebih tinggi daripada tcv yaitu 1.67155 pada tingkat signifikansi 0,05. Selanjutnya, hasil perhitungan ukuran efek adalah 2.05, yang berarti bahwa lagu bahasa Inggris memiliki pengaruh yang tinggi terhadap keterampilan mendengarkan siswa. Ini juga menunjukkan bahwa hipotesis nol ditolak dalam penelitian ini. Kesimpulannya, penggunaan lagu bahasa Inggris memberi efek signifikan pada keterampilan mendengarkan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan mendengarkan siswa, lagu bahasa Inggris, pengajaran konvensional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Diva Susastra Dewi Ketut
Date Deposited: 24 Oct 2019 00:17
Last Modified: 24 Oct 2019 00:17
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/563

Actions (login required)

View Item View Item