Pengembangan Media Pembelajaran Agama Hindu Berbasis Video Liveshot Kelas X SMK Negeri 1 Sawan

Kusuma, Igusti Agung Adi Penida (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Agama Hindu Berbasis Video Liveshot Kelas X SMK Negeri 1 Sawan. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1615051076-COVER.pdf

Download (814kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1615051076-ABSTRAK.pdf

Download (101kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1615051076-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (124kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1615051076-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1615051076-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1615051076-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1615051076-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1615051076-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1615051076-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan yang ditemukan di SMK Negeri 1 Sawan adalah tidak adanya media pembelajaran yang memfasilitasi guru dalam penyampaian materi saat proses pembelajaran Agama Hindu dan menurunnya pemahaman serta motivasi peserta didik ketika mengikuti proses pembelajaran, sehingga dilaksanakanlah penelitian pengembangan ini yang bertujuan menghasilkan produk media pembelajaran yang dapat membantu guru dalam penyampaian materi dan mampu meningkatkan motivasi serta pemahaman peserta didik. Tujuan tersebut dirinci kedalam dua tahapan kerja yang berkaitan, antara lain: (1) merancang dan mengimplementasikan media pembelajaran agama hindu berbasis video liveshot. (2) mendeskripsikan respon guru dan peserta didik terhadap media pembelajaran yang dikembangkan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D (ResearchandDevelopment) dengan menggunakan model ADDIE, yang memiliki beberapa tahapan diantaranya (i) analyze, (ii) design, (iii) development, (iv) implementation, (v) evaluation. Penelitian ini telah melalui beberapa tahapan pengujian diantaranya, uji validitas yang terdiri dari 2 ahli isi dan 2 ahli media, dengan mendapatkan skor 1.00 dengan kriteria “Validitas Sangat Tinggi”. Media juga telah diimplementasikan serta telah melalui uji perorangan dengan hasil 90.66% berada pada kualifikasi “Sangat Baik”, uji kelompok kecil dengan hasil 91.64% berada pada kualifikasi “Sangat Baik”, dan uji lapangan dengan hasil 90.03% berada pada kualifikasi “Sangat Baik”.Selain itu, Uji efektifitas dilakukan pada penelitian ini untuk mengukur tingkat efektifitas pada produk yang dikembangkan dengan menerapkan perhitungan Gain Score Test, hasil yang didapatkan adalah 0.70 dengan kriteria "Cukup Efektif". Adapun respon guru dan peserta didik terhadap media pembelajaran berbasis video memperoleh hasil rata-rata skor responden 42% dan 63.41% dengan kategori "Sangat Positif"

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Video Pembelajaran, Liveshot, Mata Pelajaran Agama Hindu
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: IGUSTI AGUNG ADI PENIDA KUSUMA
Date Deposited: 25 Feb 2021 02:50
Last Modified: 25 Feb 2021 02:50
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5668

Actions (login required)

View Item View Item