Kusuma, Igusti Agung Adi Penida (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Agama Hindu Berbasis Video Liveshot Kelas X SMK Negeri 1 Sawan. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1615051076-COVER.pdf Download (814kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1615051076-ABSTRAK.pdf Download (101kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1615051076-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (124kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1615051076-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (146kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1615051076-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (320kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1615051076-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1615051076-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1615051076-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (162kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1615051076-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Permasalahan yang ditemukan di SMK Negeri 1 Sawan adalah tidak adanya media pembelajaran yang memfasilitasi guru dalam penyampaian materi saat proses pembelajaran Agama Hindu dan menurunnya pemahaman serta motivasi peserta didik ketika mengikuti proses pembelajaran, sehingga dilaksanakanlah penelitian pengembangan ini yang bertujuan menghasilkan produk media pembelajaran yang dapat membantu guru dalam penyampaian materi dan mampu meningkatkan motivasi serta pemahaman peserta didik. Tujuan tersebut dirinci kedalam dua tahapan kerja yang berkaitan, antara lain: (1) merancang dan mengimplementasikan media pembelajaran agama hindu berbasis video liveshot. (2) mendeskripsikan respon guru dan peserta didik terhadap media pembelajaran yang dikembangkan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D (ResearchandDevelopment) dengan menggunakan model ADDIE, yang memiliki beberapa tahapan diantaranya (i) analyze, (ii) design, (iii) development, (iv) implementation, (v) evaluation. Penelitian ini telah melalui beberapa tahapan pengujian diantaranya, uji validitas yang terdiri dari 2 ahli isi dan 2 ahli media, dengan mendapatkan skor 1.00 dengan kriteria “Validitas Sangat Tinggi”. Media juga telah diimplementasikan serta telah melalui uji perorangan dengan hasil 90.66% berada pada kualifikasi “Sangat Baik”, uji kelompok kecil dengan hasil 91.64% berada pada kualifikasi “Sangat Baik”, dan uji lapangan dengan hasil 90.03% berada pada kualifikasi “Sangat Baik”.Selain itu, Uji efektifitas dilakukan pada penelitian ini untuk mengukur tingkat efektifitas pada produk yang dikembangkan dengan menerapkan perhitungan Gain Score Test, hasil yang didapatkan adalah 0.70 dengan kriteria "Cukup Efektif". Adapun respon guru dan peserta didik terhadap media pembelajaran berbasis video memperoleh hasil rata-rata skor responden 42% dan 63.41% dengan kategori "Sangat Positif"
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Video Pembelajaran, Liveshot, Mata Pelajaran Agama Hindu |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | IGUSTI AGUNG ADI PENIDA KUSUMA |
Date Deposited: | 25 Feb 2021 02:50 |
Last Modified: | 25 Feb 2021 02:50 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5668 |
Actions (login required)
View Item |