Widiantari, Luh Putu Yuni (2021) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 8 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1517011013-COVER.pdf Download (449kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1517011013-ABSTRAK.pdf Download (49kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1517011013-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (128kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1517011013-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (665kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1517011013-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (144kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1517011013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (311kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1517011013-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (74kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1517011013-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (137kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1517011013-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kurikulum 2013 dikembangan dengan tujuan untuk dapat dijadikan acuan dalam proses peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah yang melibatkan guru dan siswa. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk menganalisa dan mendeskripsikan implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 8 Singaraja. Sejalan dengan metode pembelajaran daring dalam situasi pandemi covid-19, penelitian ini mengamati proses pembelajaran yang diselenggarakan secara daring tersebut dengan memperhatikan aspek-aspek penting yang terlibat dalam proses tersebut. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan yaitu Data Reduction (Reduksi Data), Data Display (Penyajian Data), dan Conclution Drawing/Verification (Penarikan Kesimpulan). Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa Implementasi kurikulum 2013 di masa pandemi COVID-19 ini terkait dengan standar kompetensi lulusan telah dinilai dari secara tidak langsung melalui mekanisme pembelajaran online. Standar isi dilaksanaan pembelajaran saintifik melalui platform media sosial dengan memberikan materi pelajaran untuk membuat siswa aktif dan mampu berpikir ilmiah. Standar proses dilihat dari keaktifan dan kemampuan peserta didik memahami materi yang telah diajarkan. Dan standar penilaian dilihat dari parstisipasi aktif selama berlangsunya pembelajaran daring.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kurikulum 2013, standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, standar penilaian |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Ekonomi dan Akutansi > Program Studi Pendidikan EKonomi (S1) |
Depositing User: | Luh Putu Yuni Widiantari |
Date Deposited: | 26 Feb 2021 02:28 |
Last Modified: | 26 Feb 2021 02:28 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5727 |
Actions (login required)
View Item |