PENGEMBANGAN INSTRUMEN KESEIMBANGAN TUBUH ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK WISATA KUMARA TIMUR TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Lestari, Luh Mega Eni (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN KESEIMBANGAN TUBUH ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK WISATA KUMARA TIMUR TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611061028-COVER.pdf

Download (931kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611061028-ABSTRAK.pdf

Download (350kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611061028-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (418kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611061028-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (650kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611061028-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611061028-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (871kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611061028-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611061028-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (464kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611061028-LAMPIRAN.pdf

Download (506kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian perkembangan kemampuan keseimbangan anak kelompok b taman kanak-kanak Wisata Kumara Timur. Kemampuan keseimbangan anak dengan rentang usia 4-6 tahun penting untuk diketahui karena anak sedang dalam masa pertumbuhan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan RDR (Research, Development, Research). Pengumpulan data dilakukan pada tahap studi pendahuluan dengan melakukan observasi dan wawancara bersama guru dan kepala sekolah. Data yang telah terkumpul kemudian dikembangkan menjadi instrumen yang akan diuji oleh dua orang pakar pendidikan anak usia dini dan dengan bantuan Microsoft Excel 2010. Hasil analisis data uji validitas dan reliabilitas instrumen menunjukan hasil yang sangat tinggi. Skor pada uji validitas sebesar 0,92 dan skor pada uji reliabilitas sebesar 0,80. Kedua skor tersebut berada pada kategori yang sangat tinggi. Hal itu mengindikasikan bahwa instrumen telah memenuhi syarat sebagai instrumen yang baik dan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: instrumen penilaian, keseimbangan, anak usia dini
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: LUH MEGA ENI LESTARI
Date Deposited: 25 Feb 2021 08:03
Last Modified: 25 Feb 2021 08:03
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5758

Actions (login required)

View Item View Item