Murdiani, Ni Luh Putu (2021) Developing Educational Videos by Using Discovery-Based Learning as 5th Grade Elementary Schools Students’ English Learning Media at Buleleng Regency. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1712021127-COVER.pdf Download (682kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1712021127-ABSTRAK.pdf Download (175kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712021127-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (175kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712021127-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (501kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1712021127-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (202kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712021127-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1712021127-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712021127-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (208kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1712021127-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran dengan berbasiskan salah satu model pembelajaran saintifik yaitu discovery-based learning yang diperuntukkan untuk kelas 5 SD. Subjek penilitian ini adalah siswa kelas 5 SD di kabupaten Buleleng. Metode penelitian yang digunakan adalah Desain dan Pengembangan oleh Richey & Klein (2007). Ada empat tahap yang harus dilalui untuk menyelesaikan penelitian bermodel D&D diantaranya yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), dan evaluasi (evaluation). Dalam proses pengumpulan data, terdapat beberapa instrument yang digunakan yaitu panduan wawancara untuk para guru dan siswa, analisis dokumen, manuscript, rubrik penilaian ahli Pendidikan, rubrik penilaian guru, dan kuisioner untuk siswa. Produk hasil dari penelitian ini adalah prototype video yang berdasarkan model pembelaran discovery-based learning. Terdapat dua video yang telah dikembangkan dengan dua topik yang berbeda. Topik video pertama adalah perkenalan diri (self-introduction), sedangkan topik video kedua yaitu kegiatan sehari-hari dan mengekspresikan waktu (daily routine and telling the time). Untuk mengetahui kualitas dari video yang telah dikembangkan, data dari ahli Pendidikan, guru, dan siswa telah dikumpulkan untuk dianalisis. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data tersebut diantaranya adalah rubrik penilaian ahli Pendidikan, rubrik penilaian guru, dan kuisioner siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kedua video mendapatkan rating sebagai media pembelajaran yang sangat baik untuk digunakan baik oleh guru maupun siswa kelas 5 sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | video, pembelajaran berbasis discovery, media, siswa sekolah dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa) P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Putu Sri Murdiani |
Date Deposited: | 26 Feb 2021 02:58 |
Last Modified: | 26 Feb 2021 02:58 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5760 |
Actions (login required)
View Item |