Nopiantari, I Gusti Agung Ayu (2021) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERMUATAN MASALAH SOSIAL PADA MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU KELAS IV SD NEGERI 5 PEDUNGAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031184-COVER.pdf Download (778kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031184-ABSTRAK.pdf Download (567kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031184-BAB 1 PENDAHULUAN .pdf Download (888kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031184-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (995kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031184-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (583kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031184-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031184-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (755kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031184-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (600kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031184-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dan belum tersedianya video pembelajaran bermuatan masalah sosial di Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses rancang bangun video pembelajaran dengan materi keberagaman budaya bangsaku dan mengetahui hasil validasi video pembelajaran menurut hasil review para ahli, dan uji coba perorangan. Jenis penelitian pengembangan ini menerapkan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) dalam pengembangan ini. Subjek Uji rancangan produk pengembangan video pembelajaran meliputi: (1) Ahli Isi muatan pelajaran yang terdiri dari satu dosen, (2) Ahli Desain Instruksional dan Ahli media pembelajaran yang terdiri dari satu dosen, serta subjek uji coba meliputi (3) Uji Coba Perorangan yang terdiri dari tiga siswa. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Analisis data menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data diperoleh sebagai berikut. (a) hasil uji ahli isi muatan pelajaran diperoleh skor 92,50% dengan kualifikasi sangat baik, (b) hasil uji ahli desain instruksional diperoleh skor 93,75% dengan kualifikasi sangat baik, (c) hasil uji ahli media pembelajaran diperoleh skor 90,00% dengan kualifikasi sangat baik, dan (d) hasil uji perorangan pada 3 orang siswa diperoleh skor 95,45% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data uji produk oleh para ahli dan hasil uji subjek pengguna maka disimpulkan bahwa video pembelajaran layak digunakan dalam muatan IPS di kelas 4 SD. Implikasi dari penelitian ini secara empiris terbukti bahwa menggunakan video mampu memotivasi siswa dalam belajar karena video pembelajaran ini dirancang untuk menghindari kejenuhan siswa dalam belajar dan memotivasi guru untuk memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada di sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Pembelajaran, IPS, Model Pengembangan ADDIE |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Gusti Agung Ayu Nopiantari |
Date Deposited: | 02 Mar 2021 04:28 |
Last Modified: | 02 Mar 2021 04:28 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6020 |
Actions (login required)
View Item |