Semara, I Putu Trisna Angga (2021) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERMUATAN PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 17 DAUH PURI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031156-COVER.pdf Download (732kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031156-ABSTRAK.pdf Download (580kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031156-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (879kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031156-BAB 2 KAJIAN TEORI .pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031156-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031156-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031156-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (615kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031156-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (566kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031156-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh permasalahan mengenai kurangnya penggunaan media pembelajaran khususnya dalam pembelajaran daring, sehingga kurang menarik perhatian siswa yang berdampak langsung pada minat dan pemahaman siswa khususnya pada muatan pelajaran IPA.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan video animasi pada muatan pelajaran IPA. Subjek pada penelitian ini yaitu ahli isi muatan pelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, dan siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan model penelitian ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analisis (Analyze), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation),dan Evaluasi (Evaluation) Pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuisioner/angket.Analisis data digunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data diperoleh sebagai berikut (a) uji ahli isi dengan skor 95 dengan kualifikasi sangat baik ,(b) uji ahli desain pembelajaran dengan skor 95 dengan kualifikasi sangat baik,(c) hasil uji ahli media pembelajaran dengan skor 92,5 dengan kualifikasi sangat baik dan (d) hasil uji coba perorangan dengan skor 95 dengan kualifikasi sangat baik yang melibatkan 3 orang siswa. Berdasarkan hasil analisis data uji produk oleh para ahli (ahli isi muatan pelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran) dan hasil uji subjek pengguna (siswa) disimpulkan bahwa video animasi hasil penelitian ini adalah layak digunakan dalam pembelajaran muatan IPA di kelas IV Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Animasi , Model Pengembangan ,IPA |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I PT TRISNA ANGGA SEMARA |
Date Deposited: | 02 Mar 2021 04:36 |
Last Modified: | 02 Mar 2021 04:36 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6022 |
Actions (login required)
View Item |