Dewi, Ni Kadek Rosita (2021) PENGEMBANGAN E-BOOK BERMUATAN NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL BALI PADA MUATAN PELAJARAN IPS KELAS IV SD NO. 1 JAGAPATI KECAMATAN ABIANSEMAL TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031123-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031123-ABSTRAK.pdf Download (224kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031123-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (525kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031123-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (899kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031123-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031123-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031123-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (301kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031123-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (498kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031123-LAMPIRAN.pdf Download (17MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil analisis kebutuhan media pembelajaran di Sekolah Dasar. Guru kurang memanfaatkan media pembelajaran yang inovatif selama pembelajaran online dan kurangnya penguatan nilai-nilai kearifan lokal di era globalisasi. Adapun media yang dikembangkan adalah E-Book bermuatan nilai-nilai kearifan lokal Bali. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses rancang bangun E-Book bermuatan nilai-nilai kearifan lokal Bali dan mengetahui hasil validasi E-Book menurut review para ahli, uji coba perorangan, dan uji coba kelompok kecil. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Pengumpulan data digunakan metode kuesioner/angket dengan teknik analisis data yakni analisis deskriptif kuantitatif. Hasil validasi media E-Book berdasarkan penilaian ahli isi muatan pelajaran IPS diperoleh skor 87,50% dengan kualifikasi baik, ahli desain instruksional diperoleh skor 100% dengan kualifikasi sangat baik, ahli media pembelajaran diperoleh skor 92,50% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil uji pengguna perorangan pada 3 orang siswa diperoleh skor 93,33% dengan kualifikasi sangat baik, dan hasil uji pengguna melalui uji kelompok kecil pada 12 orang siswa diperoleh skor 94,16% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data uji coba produk oleh para ahli dan hasil uji subjek pengguna (siswa) disimpulkan bahwa media EBook bermuatan nilai-nilai kearifan lokal Bali ini layak digunakan dalam pembelajaran muatan IPS di kelas IV Sekolah Dasar. Implikasi dari pengembangan E-Book ini memerlukan fasilitas penunjang seperti akses internet, komputer/laptop, handphone dan kemampuan guru atau siswa dalam mengakses E-Book.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, E-Book, Kearifan Lokal Bali, IPS |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Rosita Dewi |
Date Deposited: | 02 Mar 2021 06:27 |
Last Modified: | 02 Mar 2021 06:27 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6035 |
Actions (login required)
View Item |