Anjasmara, I Wayan Aldi Palguna (2021) PROFIL BERPIKIR REFLEKTIF SISWA DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA OPEN-ENDED DI KELAS 5 SD BALI KIDDY BADUNG. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1723011013-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1723011013-ABSTRAK.pdf Download (708kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1723011013-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (4MB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1723011013-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1723011013-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1723011013-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1723011013-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1723011013-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (923kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1723011013-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil berpikir reflektif siswa ditinjau dari perbedaan gender dalam pemecahan masalah matematika open-ended di kelas 5 SD Bali Kiddy Badung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif melibatkan 6 subjek yang dipilih dengan teknik purposive sampling untuk memperoleh subjek laki-laki dan perempuan serta memiliki kemampuan matematis tinggi, dan sedang, rendah. Pengumpulan data menggunakan tes kemampuan awal untuk mengidentifikasi kemampuan matematis siswa dengan jenis soal matematika open-ended. Data dikumpulkan dengan melakukan wawancara berbasis masalah open-ended pada masing-masing subjek. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh profil berpikir reflektif siswa dalam pemecahan masalah matematika open-ended yaitu: 1) siswa laki-laki dan perempuan dengan kemampuan matematis tinggi mampu menerapkan seluruh komponen-komponen serta indikator-indikator berpikir reflektif dalam setiap tahap pemecahan masalah open-ended; 2) siswa laki-laki dan perempuan dengan kemampuan matematis sedang mampu menerapkan seluruh komponen-komponen berpikir reflektif dalam setiap tahap pemecahan masalah open-ended namun tidak mencakupi seluruh indikator berpikir reflektif. 3) siswa laki-laki dan perempuan dengan kemampuan matematis rendah belum mampu menerapkan seluruh komponen-komponen serta indikator berpikir reflektif dalam setiap tahap pemecahan masalah open-ended.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | profil, berpikir reflektif, pemecahan masalah, gender, matematika open-ended |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2) |
Depositing User: | I Wayan Aldi Palguna Anjasmara |
Date Deposited: | 02 Mar 2021 10:39 |
Last Modified: | 02 Mar 2021 10:39 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6038 |
Actions (login required)
View Item |