PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS IV SD DI GUGUS II KECAMATAN KARANGASEM TAHUN AJARAN 2020-2021

Putra, I Putu Suardika (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS IV SD DI GUGUS II KECAMATAN KARANGASEM TAHUN AJARAN 2020-2021. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1829041057-COVER.pdf

Download (325kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1829041057-ABSTRAK.pdf

Download (27kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829041057-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (273kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829041057-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829041057-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829041057-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1829041057-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829041057-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (430kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1829041057-LAMPIRAN.pdf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan mendeskripsikan validitas intrumen kemampuan berpikir kritis dan instrumen kemampuan literasi sains pada muatan pelajaran IPA SD. (2) mengetahui dan mendeskripsikan reliabilitas intrumen kemampuan berpikir kritis dan kemampuan literasi sains pada muatan pelajaran IPA SD. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dan model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan (1974). Pengembangannya terdiri dari empat tahap yaitu define, design, develop dan disseminate. Namun pada penelitian ini hanya terbatas sampai tahap develop. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Instrumen kemampuan berpikir kritis yang dikembangkan memenuhi syarat validitas isi dengan nilai 1.00 berada pada kategori sangat baik. (2) Instrumen kemampuan literasi sains yang dikembangkan memenuhi syarat validitas konten dengan nilai 0,76 yang dinyatakan valid sehingga layak digunakan dalam pembelajaran. (3) Instrumen berpikir kritis yang dikembangkan memenuhi syarat reliabilitas ekpert dengan nilai 0,92 dengan kategori sangat tinggi sehingga layak digunakan dalam pembelajaran. (4) Instrumen kemampuan literasi sains yang dikembangkan memenuhi syarat reliabilitas ekpert dengan nilai 0,94 dengan kategori sangat tinggi sehingga layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pengembangan instrumen, kemampuan berpikir kritis dan kemampuan literasi sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: I Putu Suardika Putra
Date Deposited: 04 Mar 2021 01:28
Last Modified: 04 Mar 2021 01:28
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6059

Actions (login required)

View Item View Item