KONTRIBUSI PENDAMPINGAN ORANG TUA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD

Pawitra, Anggunita (2021) KONTRIBUSI PENDAMPINGAN ORANG TUA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031020-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031020-ABSTRAK.pdf

Download (310kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031020-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (460kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031020-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (705kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031020-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (989kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031020-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (933kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031020-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (684kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031020-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (539kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031020-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Hasil belajar dipengaruhi oleh dua faktor yakni faktor internal dan eksternal. Salah satu faktor eksternal dan internal yang mempengaruhi hasil belajar adalah pendampingan orang tua dan minat belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi pendampingan orang tua dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Gugus Letkol Wisnu Denpasar Utara. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto dengan metode pengumpulan data adalah pencatatan dokumen dan kuisioner.Populasi dalam penelitian ini berjumlah 361 orang. Sampel yang digunakan sebanyak 178 orang berdasarkan dari tabel Isaac and Michael dengan teknik pengambilan sampel menggunakan propotional random sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendampingan orang tua berkontribusi sebesar 2,3% terhadap hasil belajar matematika, minat belajar berkontribusi sebesar 3,2% terhadap hasil belajar matematika, pendampingan orang tua dan minat belajar berkontribusi sebesar 4% terhadap hasil belajar matematika. Terdapatnya kontribusi pendampingan orang tua dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika menunjukan bahwa pendampingan orang tua dan minat belajar berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Gugus Letkol Wisnu Kecamatan Denpasar Utara tahun ajaran 2020/2021 dengan kontribusi sebesar 4% dan 96% lain dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Hasil ini menunjukkan semakin sering orang tua mendampingi siswa dalam belajar dan semakin tinggi minat belajar siswa maka akan semakin tinggi pula hasil belajar matematika yang diperoleh siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pendampingan, minat belajar, hasil belajar matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Gusti Ayu Dewi Anggunita Pawitra
Date Deposited: 19 Mar 2021 05:59
Last Modified: 19 Mar 2021 05:59
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6100

Actions (login required)

View Item View Item