Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi RiTAS (Mari Tahu ASEAN) Berorientasi Teori Belajar Ausubel Muatan IPS Kelas VI di SD Negeri 3 Celuk, Sukawati, Gianyar

Ferdiansyah, Ade Citia Dewi (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi RiTAS (Mari Tahu ASEAN) Berorientasi Teori Belajar Ausubel Muatan IPS Kelas VI di SD Negeri 3 Celuk, Sukawati, Gianyar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031058-COVER.pdf

Download (691kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031058-ABSTRAK.pdf

Download (205kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031058-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (247kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031058-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031058-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (912kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031058-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031058-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031058-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (449kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031058-LAMPIRAN.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun dan (2) mendeskripsikan validitas media pembelajaran aplikasi muatan IPS materi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi dan politik Negara-negara ASEAN berorientasi teori belajar Ausubel dengan model ADDIE. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian pengembangan media pembelajaran menghasilkan produk berupa aplikasi sederhana hanya tersedia pada smartphone android. Model ADDIE meliputi tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implemtasi dan tahap evaluasi. Metode penelitian yang digunakan metode non tes meliputi observasi, wawancara, dan pemberian angket. Data yang dikumpulkan dipeoreh dari pengisian angket penilaian ahli isi mata pelajaran,ahli desain pembelajaran,dan ahli media pembelajaran serta subjek penelitian yaitu siswa kelas VI di SD Negeri 3 Celuk. Penilaian oleh siswa terbagi dalam uji perorangan dan uji kelompok kecil. Instrumen pengumpulan data berupa angket yang diisi kemudian data dianalisis. Data dianalisis secara analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Analisis kualitatif didapatkan dari komentar, masukan dan saran yang diberikan. Analisis kuantitatif didapatkan dari hasil convert angket yang diberikan dalam bentuk skor. Perhitungan tingkat kelayakan dan kualitas media dihitung dengan menghitung rerata skor yang diperoleh dalam bentuk persentase. Hasil analisis data menunjukkan bahwa media yang dikembangkan valid dan kualitas dari media pembelajaran aplikasi tersebut sangat baik. Hal tersebut berdasarkan data yang diperoleh dari instrumen angket yang diberikan rata-rata nilai dari review ahli isi mata pelajaran 92,8% (kategori sangat baik), ahli desain pembelajaran 87,5% (kategori baik), ahli media pembelajaran 85% (kategori baik), uji perorangan 91,6% (kategori sangat baik), dan uji kelompok kecil 92,3% (kategori sangat baik).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, teori belajar ausubel, ASEAN, ADDIE, IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ade Citia Dewi Ferdiansyah
Date Deposited: 05 May 2021 01:45
Last Modified: 05 May 2021 01:45
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6138

Actions (login required)

View Item View Item