Sari, Ni Kadek Dwi Puspita (2021) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MUATAN MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA DI INDONESIA PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 SESETAN KECAMATAN DENPASAR SELATAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031136-COVER.pdf Download (901kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031136-ABSTRAK.pdf Download (585kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031136-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (902kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031136-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031136-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031136-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031136-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (734kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031136-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (631kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031136-LAMPIRAN.pdf Download (16MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk (1) Merancang dan mengetahui rancang bangun multimedia pembelajaran interaktif materi keberagaman budaya di Indonesia pada pembelajaran IPS siswa kelas IV SD Negeri 3 Sesetan Kecamatan Denpasar Selatan, (2) Mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran interaktif muatan materi keberagaman budaya di Indonesia pada pembelajaran IPS siswa kelas IV SD Negeri 3 Sesetan Kecamatan Denpasar Selatan. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yakni tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Dalam penelitian ini melibatkan 3 orang validator yakni ahli materi, ahli desain pembelajaran, dan ahli media serta reviewer dan subjek penelitian yakni 1 orang guru serta 12 orang siswa kelas IV SD Negeri 3 Sesetan. Metode pengumpulan data dan analisis data menggunakan angket serta metode analisis deskriptif. Uji ahli materi memperoleh persentase skor sebesar 90,0% kategori sangat baik dengan keterangan materi sangat layak. Hasil uji ahli desain instruksional dengan persentase skor sebesar 92,5% kategori sangat baik dengan keterangan sangat layak. Uji ahli media memperoleh hasil dengan persentase skor sebesar 95,0% kategori sangat baik dengan keterangan sangat layak. Hasil review dari 1 orang guru kelas IV SD dengan persentase skor sebesar 91,7% kategori sangat baik dengan keterangan sangat layak, serta hasil review 3 orang siswa dalam uji coba perorangan dengan persentase skor sebesar 91,1% kategori sangat baik dengan keterangan media sangat layak. Hasil review pengguna yakni 12 orang siswa dalam uji coba kelompok kecil dengan persentase skor sebesar 93,9% termasuk dalam kategori sangat baik dengan keterangan media sangat layak. Berdasarkan hasil yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif muatan materi keberagaman budaya di Indonesia yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran IPS siswa kelas IV SD Negeri 3 Sesetan Kecamatan Denpasar Selatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | IPS, Multimedia Interaktif, Keberagaman Budaya |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Dwi Puspita Sari |
Date Deposited: | 05 May 2021 01:57 |
Last Modified: | 05 May 2021 01:57 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6145 |
Actions (login required)
View Item |