PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS INKUIRI MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA PADA TEMA 3 MAKANAN SEHAT KELAS V SD NEGERI 10 PEDUNGAN

Sari, Ni Made Adelia (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS INKUIRI MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA PADA TEMA 3 MAKANAN SEHAT KELAS V SD NEGERI 10 PEDUNGAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031189-COVER.pdf

Download (370kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031189-ABSTRAK.pdf

Download (53kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031189-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (155kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031189-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031189-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031189-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (854kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031189-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031189-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (118kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031189-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses rancang bangun e-modul interaktif berbasis inkuiri pada muatan pembelajaran IPA. (2) mendeskripsikan kualitas hasil validitas pengembangan e-modul interaktif berbasis inkuiri pada muatan pembelajaran IPA menurut para ahli dan uji coba produk, yang meliputi uji ahli isi muatan pembelajaran, uji ahli desain pembelajaran, uji ahli media pembelajaran, coba perseorangan dan uji kelompok kecil. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan kuesioner. Analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuatitatif. Hasil penelitian (1) Rancang bangun e-modul interaktif berbasis inkuiri pada muatan pembelajaran IPA dengan menggunakan model ADDIE yang meliputi: (a) Tahap analisis (Analysis), (b) Tahap perancangan (Design), (c) Tahap pengembangan (Development), (d) Tahap implementasi (Implementataion), dan (e) Tahap evaluasi (Evaluation). (2) E-modul interaktif berbasis inkuiri pada muatan pembelajaran IPA dikatakan valid dengan: (a) hasil review ahli isi muatan pembelajaran menunjukkan e-modul interaktif berbasis inkuiri sangat baik dengan persentase (100%), (b) hasil review ahli desain pembelajaran menunjukkan e-modul interaktif berbasis inkuiri sangat baik dengan persentase (90%), (c) hasil review ahli media pembelajaran menunjukkan e-modul interaktif berbasis inkuiri baik dengan persentase (86,67%), (d) hasil uji perorangan menunjukkan e-modul interaktif berbasis inkuiri sangat baik dengan persentase (97,33%), (e) hasil uji kelompok kecil menunjukkan e-modul interaktif berbasis inkuiri sangat baik dengan persentase (95,41%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk e-modul interaktif berbasis inkuiri layak untuk digunakan siswa kelas V SD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: e-modul interaktif, inquiry learning, IPA.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Made Adelia Sari
Date Deposited: 17 May 2021 01:28
Last Modified: 17 May 2021 01:28
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6158

Actions (login required)

View Item View Item