Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis Pendekatan Saintifik pada Muatan IPA Kelas V di SD N 2 Gianyar Tahun Ajaran 2020/2021

Pinatih, Sri Ayu Cahya (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis Pendekatan Saintifik pada Muatan IPA Kelas V di SD N 2 Gianyar Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031296-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031296-ABSTRAK.pdf

Download (319kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031296-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (578kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031296-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (549kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031296-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (755kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031296-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031296-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031296-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (496kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031296-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya variasi media pembelajaran digital yang dimiliki guru dalam proses pembelajaran IPA sehingga siswa kekurangan media untuk membantunya belajar secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun dan mendeskripsikan validitas komik digital. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Rancang bangun komik digital meliputi lima tahapan yaitu tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. (2) Komik digital valid dengan hasil review ahli isi pembelajaran mencapai skor 89% dengan kategori baik, hasil review ahli desain pembelajaran mencapai skor 88% dengan kategori baik, hasil review ahli media mencapai skor 94% dengan kategori sangat baik, hasil uji perorangan mencapai skor 90,6% dengan kategori sangat baik, dan hasil uji kelompok kecil mencapai skor 90,8% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa komik digital layak digunakan di sekolah dasar. Kata kunci: pengembangan, komik digital, saintifik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, komik digital, saintifik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Sri Ayu Cahya Pinatih
Date Deposited: 27 May 2021 05:42
Last Modified: 27 May 2021 05:42
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6176

Actions (login required)

View Item View Item