Sukarini, Komang (2021) Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran IPA Tema Selamatkan Makhluk Hidup Kelas VI SDN 2 Kerobokan Kelod Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031179-COVER.pdf Download (755kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031179-ABSTRAK.pdf Download (223kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031179-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (371kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031179-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (524kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031179-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (690kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031179-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031179-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (309kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031179-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (422kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031179-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini didasari oleh kurangnya media pembelajaran yang menarik dan menunjang pembelajaran secara mandiri disituasi pandemi saat ini. Media yang digunakan hanyalah media seadanya sehingga siswa cenderung bosan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun video animasi (2)mendeskripsikan kualitas hasil validitas pengembangan video animasi menurut para ahli dan uji coba produk. Subjek penelitiannya yaitu satu ahli mata pelajaran, satu ahli desan dan media pembelajaran, tiga siswa untuk uji coba perorangan, sembilan siswa untuk uji coba kelompok kecil. Model yang digunakan model ADDIE. Jenis data dalam penelitian ini yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Metode pengumpulan data penelitian menggunakan wawancara, pencatatan dokumen dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian (1) Rancang bangun video animasi dengan model ADDIE meliputi lima tahapan: (a) tahap analisis, (b) tahap perencanaan, (c) tahap pengembangan, (d) tahap implementasi, dan (e) tahap evaluasi. (2) Video animasi valid dengan: (a) hasil review ahli isi mata pelajaran menunjukkan video animasi berkualifikasi sangat baik (100%), (b) hasil review ahli desain pembelajaran mendapatkan kualifikasi sangat baik (100%), (c) hasil review ahli media pembelajaran mendapatkan kualifikasi sangat baik (97%), (d) hasil uji coba perorangan video animasi mendapatkan kualifikasi sangat baik (94,4%), hasil uji coba kelompok kecil video animasi mendapatkan kualifikasi sangat baik (93,4%).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Animasi, Daring, Makhluk Hidup |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | KOMANG SUKARINI |
Date Deposited: | 15 Jun 2021 00:50 |
Last Modified: | 15 Jun 2021 00:50 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6220 |
Actions (login required)
View Item |