Christina, Ni Made Ayu (2021) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif pada Muatan Bahasa Indonesia dalam Apresiasi Sastra Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031144-COVER.pdf Download (367kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031144-ABSTRAK.pdf Download (314kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031144-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031144-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (531kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031144-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031144-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031144-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (756kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031144-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (639kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031144-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Dampak covid-19 yang mengharuskan segala jenis kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring. Akibatnya guru memiliki keterbatasan dalam menemukam media pembelajaran yang cocok dengan kateristik siswa dan yang cocok digunakan dalam kondisi pembelajaran daring. Tujuan dari penelitian pengembangan ini untuk mengetahui rancang bangun dan kelayakan multimedia pembelajaran interaktif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembanan. Model penelitian yang digunakan yaitu model ADDIE. Subjek dari penelitian ini adalah media pembelajaran yang berupa aplikasi smartphone dan laptop kemudian dilakukan review dari para ahli isi materi pelajaran, ahli desain pembelajaran dan ahli media pembelajaran serta uji coba siswa pada uji coba perorangan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara dan angket. Bentuk analisis data yag digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif kuantitatif. Berdasarkan data hasil penelitian menunjukan tingkat persentase kelayakan multimedia interaktif menurut ahli materi pembelajaran 88,33%, tingkat persentase kelayakan multimedia pembelajaran interaktif menurut ahli desain pembelajaran 90%, tingkat persentase kelayakan multimedia pembelajaran interaktif menurut ahli media pembelajaran 90% dan menurut uji coba perorangan tingkat persentase kelayakan multimedia pembelajaran interaktif sebesar 96,52% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil dari penelitian pengembangan ini menunjukan bahwa pengembangan multimedia pembelajaran interaktif layak digunakan dalam proses pemelajaran pada muatan Bahasa Indonesia dalam apresiasi sastra untuk siswa kelas III Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia Pembelajaran Interaktif, Model ADDIE, Bahasa Indonesia. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | NI MADE AYU CHRISTINA |
Date Deposited: | 14 Jun 2021 01:15 |
Last Modified: | 14 Jun 2021 01:15 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6236 |
Actions (login required)
View Item |