Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif pada Muatan Bahasa Indonesia dalam Apresiasi Sastra Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Christina, Ni Made Ayu (2021) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif pada Muatan Bahasa Indonesia dalam Apresiasi Sastra Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031144-COVER.pdf

Download (367kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031144-ABSTRAK.pdf

Download (314kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031144-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031144-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (531kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031144-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031144-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031144-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (756kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031144-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (639kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031144-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Dampak covid-19 yang mengharuskan segala jenis kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring. Akibatnya guru memiliki keterbatasan dalam menemukam media pembelajaran yang cocok dengan kateristik siswa dan yang cocok digunakan dalam kondisi pembelajaran daring. Tujuan dari penelitian pengembangan ini untuk mengetahui rancang bangun dan kelayakan multimedia pembelajaran interaktif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembanan. Model penelitian yang digunakan yaitu model ADDIE. Subjek dari penelitian ini adalah media pembelajaran yang berupa aplikasi smartphone dan laptop kemudian dilakukan review dari para ahli isi materi pelajaran, ahli desain pembelajaran dan ahli media pembelajaran serta uji coba siswa pada uji coba perorangan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara dan angket. Bentuk analisis data yag digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif kuantitatif. Berdasarkan data hasil penelitian menunjukan tingkat persentase kelayakan multimedia interaktif menurut ahli materi pembelajaran 88,33%, tingkat persentase kelayakan multimedia pembelajaran interaktif menurut ahli desain pembelajaran 90%, tingkat persentase kelayakan multimedia pembelajaran interaktif menurut ahli media pembelajaran 90% dan menurut uji coba perorangan tingkat persentase kelayakan multimedia pembelajaran interaktif sebesar 96,52% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil dari penelitian pengembangan ini menunjukan bahwa pengembangan multimedia pembelajaran interaktif layak digunakan dalam proses pemelajaran pada muatan Bahasa Indonesia dalam apresiasi sastra untuk siswa kelas III Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Pembelajaran Interaktif, Model ADDIE, Bahasa Indonesia.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: NI MADE AYU CHRISTINA
Date Deposited: 14 Jun 2021 01:15
Last Modified: 14 Jun 2021 01:15
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6236

Actions (login required)

View Item View Item