Arsana, I Wayan Oka Krismona (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Project Based Learning dalam Muatan Materi IPS Kelas IV SD Negeri 4 Dalung. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031273-COVER.pdf Download (397kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031273-ABSTRAK.pdf Download (321kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031273-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031273-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (786kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031273-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (834kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031273-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031273-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (864kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031273-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (420kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031273-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil analisis kebutuhan akan perangkat pembelajaran di Sekolah Dasar selama proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) mendeskripsikan rancang bangun Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis project based learning dalam muatan materi IPS (2) mengetahui kelayakan LKPD berbasis project based learning materi IPS keragaman suku bangsa menurut para ahli dan uji coba perorangan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu kuesioner/angket. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Dalam pengembangan LKPD berbasis project based learning muatan materi IPS ini validitas LKPD berdasarkan hasil penilaian sebagai berikut (a) hasil review ahli isi materi mata pelajaran menunjukkan LKPD berbasis project based learning sangat baik dengan pesentase (92,00%), (b) hasil review ahli desain pembelajaran menunjukan LKPD berbasis project based learning sangat baik dengan persentase (93,00%). (c) hasil review ahli media pembelajaran menunjukkan LKPD berbasis project based learning sangat baik dengan pesentase (93,00%), (d) hasil uji peorangan menunjukkan LKPD berbasis project based learning sangat baik dengan persentase (94,04%). Berdasarkan hasil analisis data uji produk oleh para ahli (ahli isi materi, desain, dan media) dan hasil uji subjek pengguna (siswa) dismpulkan bahwa LKPD berbasis project based learning muatan materi IPS ini sangat layak untuk digunakan sebagai perangkat pembelajaran pada muatan materi IPS di kelas IV SD Negeri 4 Dalung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lembar Kerja Peserta Didik, Project Based Learning, IPS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Wayan Oka Krismona Arsana |
Date Deposited: | 14 Jun 2021 01:22 |
Last Modified: | 14 Jun 2021 01:22 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6239 |
Actions (login required)
View Item |