Dewi, Ni Luh Putu Putri Priantini (2021) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA POKOK BAHASAN LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME BALOK KELAS VI SD NEGERI 1 BLAHKIUH KECAMATAN ABIANSEMAL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031128-Cover.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031128-Abstrak.pdf Download (271kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031128-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031128-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031128-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031128-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031128-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (776kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTKA)
1711031128- Daftar Pustaka.pdf Download (589kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031128-Lampiran.pdf Download (14MB) |
Abstract
Kurangnya pemanfaatan media pembelajaran di sekolah dasar berdampak pada kualitas hasil belajar peserta didik. Berdasarkan masalah tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui rancang bangun dan kelayakan video pembelajaran matematika berpendekatan konteksual kelas VI Sekolah Dasar. Media video ini dikembangkan menggunakan model ASSURE yang terdiri dari 6 tahap yaitu: Analyze, State, Select, Utilize, Require, Evaluate. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Validitas video pembelajaran dilakukan melalui uji ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, dan uji coba perorangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) hasil review ahli isi pembelajaran memiliki kualifikasi sangat baik dengan persentase (91,66%), hasil review ahli desain pembelajaran memiliki kualifikasi sangat baik dengan persentase (92,50%), (c) hasil review ahli media pembelajaran menunjukkan kualifikasi sangat baik dengan persentase (93,33%), dan (d) hasil uji perorangan menunjukkan kualifikasi sangat baik dengan persentase (93,17%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual menggunakan model ASSURE pada pokok bahasan luas permukaan dan volume balok kelas VI menunjukkan kualifikasi sangat baik dan layak digunakan di sekolah dasar. Pengembangan video pembelajaran ini berimplikasi pada meningkatnya motivasi belajar, memudahkan peserta didik dalam memahami materi di masa pandemi COVID-19, dan memudahkan guru menyampaikan materi pembelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Pembelajaran, Kontekstual, Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | NI LUH PUTU PUTRI PRIANTINI DEWI |
Date Deposited: | 15 Jun 2021 01:05 |
Last Modified: | 15 Jun 2021 01:05 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6249 |
Actions (login required)
View Item |