Yasa, I Komang Sutresna (2021) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN KONSTEKTUAL PADA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT KELAS V SD NEGERI 1 BLAHKIUH KECAMATAN ABIANSEMAL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031236-Cover.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031236-Abstrak.pdf Download (262kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031236-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031236-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031236-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031236-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031236-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (675kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTKA)
1711031236-Daftar Pustaka.pdf Download (481kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031236-Lampiran.pdf Download (10MB) |
Abstract
Tingginya persepsi siswa yang menganggap matematika sebagai pembelajaran yang sulit berdampak pada hasil belajar siswa tersebut. Berdasarkan masalah tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui rancang bangun dan kelayakan media video pembelajaran matematika berbasis pendekatan kontekstual. Media video ini dikembangkan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu: Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. Data yang dikumpulkan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Validitas media video dilakukan melalui uji ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, dan uji coba perorangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) hasil review ahli isi pembelajaran memiliki kualifikasi sangat baik dengan 1,66%, hasil review ahli desain pembelajaran memiliki kualifikasi sangat baik dengan 92,50%, (c) hasil review ahli media pembelajaran menunjukkan media video sangat baik dengan 91,66%, dan (d) hasil uji perorangan menunjukkan media video sangat baik dengan 90,14%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual pada pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat kelas V menunjukkan kualifikasi sangat baik dan layak digunakan di sekolah dasar. Pengembangan video pembelajaran ini berimplikasi pada meningkatnya hasil belajar siswa serta memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Video, ADDIE, Matematika. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I KOMANG SUTRESNA YASA |
Date Deposited: | 15 Jun 2021 01:12 |
Last Modified: | 15 Jun 2021 01:12 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6251 |
Actions (login required)
View Item |