Gae, Nathalia Angelina (2021) PENGEMBANGAN MEDIAVIDEO ANIMASI BERORIENTASI MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) PADA MUATAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031002-COVER.pdf Download (953kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031002-ABSTRAK.pdf Download (322kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031002-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (750kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031002-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (594kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031002-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi pada dunia pendidikan menuntut para pendidik untuk dapat meningkatkan mutu pendidikan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun dari produk video animasi berorientasi membaca pemahaman dengan strategi Directed Reading Thinking activity (DRTA) dan (2) mengetahui kelayakan video animasi berorientasi membaca pemahaman dengan strategi Directed Reading Thinking activity (DRTA). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model ADDIE (analyze, design, development, implementaion evaluation). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni observasi, wawancara, dan angket. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil validitas media pembelajaran berupa video animasi dari ahli isi mata pelajaran diperoleh persentase 87,5% dengan kualifikasi baik, dari ahli desain pembelajaran diperoleh persentase 90,38% dengan kualifikasi sangat baik, dan dari ahli media pembelajaran diperoleh persentase 90,62% dengan kualifikasi sangat baik. Persentase yang diperoleh dari hasil uji perorangan pada siswa kelas IV Sekolah Dasar yaitu 93,67% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil validitas terbatas sampai pada tahap uji perorangan, dikarenakan kondisi pandemi covid-19 yang tidak memperbolehkan untuk melibatkan banyak siswa dalam penelitian. Berdasarkan hasil analisis uji coba produk yang dilakukan oleh para ahli dan hasil uji pengguna (siswa) pada tahap uji coba perorangan maka dapat disimpulkan bahwa media video animasi berorientasi membaca pemahaman dengan strategi Directed Reading Thinking activity (DRTA) pada muatan Bahasa Indonesia dinyatakan layak untuk digunakan sebagai media dalam proses pembelajaran khususnya pada muatan Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD No. 2 Kapal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | video animasi, membaca pemahaman, DRTA, bahasa indonesia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Nathalia Angelina Gae |
Date Deposited: | 18 Jun 2021 01:25 |
Last Modified: | 18 Jun 2021 01:25 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6260 |
Actions (login required)
View Item |