Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe MURDER Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII SMPN 7 Singaraja

Herlina, Putu Dina (2021) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe MURDER Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII SMPN 7 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1413011079-COVER.pdf

Download (696kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1413011079-ABSTRAK.pdf

Download (277kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1413011079-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (524kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1413011079-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1413011079-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (576kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1413011079-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1413011079-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1413011079-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (395kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1413011079-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe MURDER terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMPN 7 Singaraja. Populasinya yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 7 Singaraja semester genap tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 152 orang yang terdistribusi ke dalam 5 kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling, hasilnya kelas VIID sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelompok kontrol dengan total subjek sampel sebanyak 64 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah post-test only control group design. Data mengenai kemampuan komunikasi matematis siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes uraian. Berdasarkan hasil penilaian diperoleh rata-rata skor kelompok eksperimen adalah 29,0313 dari skor maksimum 40 sedangkan rata-rata skor kelompok kontrol adalah 25,9688, artinya rata-rata skor kemampuan komunikasi matematis siswa kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Selanjutnya data tersebut dianalisis dengan menggunakan uji-t satu ekor (ekor kanan) pada taraf signifikansi 5%, hasil analisis menunjukkan bahwa thitung = 2,02186 dan ttabel = 1, 99897, dengan kata lain thitung > ttabel. Berdasarkan rata-rata skor dan hasil analisis uji-t, didapat kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe MURDER lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Oleh karena itu, penerapan model kooperatif tipe MURDER memberikan pengaruh yang positif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran kooperatif tipe MURDER, kemampuan komunikasi matematis, pembelajaran konvensional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: PUTU DINA HERLINA
Date Deposited: 21 Jun 2021 06:24
Last Modified: 21 Jun 2021 06:24
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6271

Actions (login required)

View Item View Item