PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK MODEL DICK & CARREY PADA MUATAN PELAJARAN PPKN KELAS V SD NO. 2 ABIANBASE KABUPATEN BADUNG

Damayanti, Ni Putu Yuni (2021) PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK MODEL DICK & CARREY PADA MUATAN PELAJARAN PPKN KELAS V SD NO. 2 ABIANBASE KABUPATEN BADUNG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031203-Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031203-Abstrak.pdf

Download (278kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031203-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031203-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031203-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031203-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031203-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (865kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031203-Daftar Pustaka.pdf

Download (579kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031203-Lampiran.pdf

Download (9MB)

Abstract

Ketersediaan media pembelajaran di kelas V masing sangat kurang bervariasi, khususnya media pembelajaran tiga dimensi yang memiliki karakteristik yang sesuai dengan siswa sekolah dasar. Hal tersebut menyebabkan siswa sulit dalam memahami materi pelajaran dan siswa mudah bosan dalam kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran Pop-Up Book materi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari pada kelas V SD. Pada penelitian ini menggunakan model pengembangan Dick & Carrey, yang terdiri 8 tahapan. Subjek uji coba pada penelitian ini yaitu tiga orang ahli meliputi ahli isi, ahli desain dan ahli media pembelajaran dan sembilan orang siswa. Desain uji coba pada penelitian ini terdiri dari review ahli isi, review ahli desain, dan review ahli media pembelajaran, uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil. Metode pengumpulan data pada penelitian pengembangan ini melalui pelaksanaan evaluasi formatif dari review para ahli dan siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa observasi, wawancara dan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Nilai rata-rata validitas ahli isi atau materi pembelajaran yaitu 93,18% dengan kualifikasi sangat baik, ahli desain pembelajaran yaitu 89,28% dengan kualifikasi baik, ahli media pembelajaran yaitu 91,66% dengan kualifikasi sangat baik, dan uji coba perorangan yaitu 95,83% serta uji coba kelompok kecil yaitu 94,90%. Berdasarkan analisis diatas, dapat dikatakan bahwa pengembangan media Pop-Up Book model Dick & Carrey dinyatakan valid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Pop-Up Book, Dick & Carrey, Pancasila.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Putu Yuni Damayanti
Date Deposited: 27 Jun 2021 01:03
Last Modified: 27 Jun 2021 01:03
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6287

Actions (login required)

View Item View Item