PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM SOLVING DAN TRI HITA KARANA MUATAN MATERI KERAGAMAN BUDAYA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD N 5 PEDUNGAN DENPASAR SELATAN

Suputra, I Gusti Made Adi (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM SOLVING DAN TRI HITA KARANA MUATAN MATERI KERAGAMAN BUDAYA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD N 5 PEDUNGAN DENPASAR SELATAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031172-COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031172-ABSTRAK.pdf

Download (837kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031172-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (893kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031172-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (923kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031172-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031172-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031172-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (875kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031172-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (936kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031172-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian Pengembangan ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dan belum tersedia perangkat pembelajaran berbasis problem solving yang diterapkan pada muatan materi IPS di kelas IV. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis problem solving untuk muatan materi IPS pada siswa kelas IV. Penelitian Pengembangan menggunakan model ADDIE (Analyzed, Design, Development, Implementation, Evaluation). Ahli uji rancangan produk dalam pengembangan perangkat pembelajaran meliputi: (1) ahli isi materi, (2) ahli desain pembelajaran, (3) ahli media pembelajaran, dan subjek uji coba produk meliputi (4) uji coba perorangan.Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini menggunakan metodeproblem solving kuesioner/angket, observasi, wawancara. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) rancang bangun perangkat pembelajaran berbasis problem solving terdiri dari lima tahapan yaitu: analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. (2) media perangkat pembelajaran berbasis problem solvingmemiliki kelayakan menurut review (a) hasil uji ahli isi mata pelajaran diperoleh skor 95% dengan kualifikasi sangat baik, (b) hasil uji ahli desain pembelajaran diperoleh skor 95,45% dengan kualifikasi sangat baik, (c) hasil uji ahli media pembelajaran diperoleh skor 93,18% dengan kualifikasi sangat baik, (d) hasil uji coba perorangan pada 3 orang siswa diperoleh dengan skor 93,17% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data uji produk oleh para ahli (ahli isi muatan pelajaran, ahli desain instruksional, ahli media pembelajaran) dan hasil uji subjek pengguna (siswa) disimpulkan bahwa media perangkat pembelajaran hasil penelitian ini adalah layak digunakan dalam pembeajaran muatan IPS di kelas IV sekolah dasar. Implikasi dari penelitian ini yakni secara empiris terbukti bahwa menggunakan perangkat pembelajaran mampu meningkatkan motivasi siswa dalam belajar karena perangkat pembelajaran ini dirancang untuk menghindari kejenuhan siswa dalam belajar serta ini memotivasi guru untuk memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada di sekolah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran, IPS, Problem Solving, Tri Hita Karana.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Gusti Made Adi Suputra
Date Deposited: 30 Jun 2021 01:14
Last Modified: 30 Jun 2021 01:14
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6327

Actions (login required)

View Item View Item