PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING BOLA VOLI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA PGRI SERIRIT TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Yogantara, Putu Eka (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING BOLA VOLI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA PGRI SERIRIT TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1416011023-COVER.pdf

Download (328kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1416011023-ABSTRAK.pdf

Download (130kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1416011023-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (88kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1416011023-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1416011023-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
1416011023-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1416011023-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1416011023-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (130kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1416011023-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar teknik dasar passing bola voli. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimental) dengan menggunakan rancangan penelitian the non randomized control group pretest-posttest design. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA dan XI IS SMA PGRI Seririt tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 53 peserta didik. Data hasil belajar dikumpulkan melalui pretest dan posttest. Analisis data menggunakan Uji-t dengan SPSS 16.0 for Windows. Eksperimen dilakukan sebanyak 3 kali perlakuan di luar pretes-posttest. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes objektif, observasi dan unjuk kerja. Pada kelompok eksperimen nilai pretest didapatkan rata-rata nilai 66,48 sedangkan kelompok kontrol 64,0. Hasil nilai posttest pada kelompok eksperimen didapatkan nilai rata-rata 82,76. Sedangkan Kelompok kontrol didapatkan nilai rata-rata 78,18. Rata-rata gain score normalisasi yang didapatkan pada masing-masing kelompok adalah pada kelompok eksperimen sebesar 0,5 sedangkan kelompok kontrol sebesar 0,4. Angka signifikansi yang diperoleh sebesar sig 0,001<0,05. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan hasil belajar peserta didik yang di berikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih meningkat di bandingkan dengan kelompok kontrol yang diberikan model pembelajaran konvensional. Model pembelajaran kooperatif tipe NHT berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar teknik dasar passing bola voli pada peserta didik kelas XI SMA PGRI Seririt.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran, kooperatif tipe NHT, hasil belajar, teknik dasar, dan passing bola voli
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1)
Depositing User: Putu Eka Yogantara
Date Deposited: 12 Jul 2021 07:03
Last Modified: 12 Jul 2021 07:03
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6339

Actions (login required)

View Item View Item