PENERAPAN PEMBELAJARAN BLENDED BERBASIS SCHOOLOGY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII J SMP NEGERI 5 SINGARAJA

Pratama, I Wayan Rizki Lucky (2021) PENERAPAN PEMBELAJARAN BLENDED BERBASIS SCHOOLOGY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII J SMP NEGERI 5 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1513011002-COVER.pdf

Download (922kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1513011002-ABSTRAK.pdf

Download (69kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1513011002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (380kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1513011002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (847kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1513011002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513011002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (748kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1513011002-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1513011002-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (139kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1513011002-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

PENERAPAN PEMBELAJARAN BLENDED BERBASIS SCHOOLOGY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII J SMP NEGERI 5 SINGARAJA Oleh I Wayan Rizki Lucky Pratama, NIM 1513011002 Program Studi S1 Pendidikan Matematika ABSTRAK Tujuan penelitian ini yakni meningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika dan mendeskripsikan respon peserta didik kelas VIII J SMP N 5 Singaraja terhadap pembelajaran matematika dengan penerapan Pembelajaran Blended berbasis Schoology. Jenis penelitian ini yakni penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus. Subjek penelitiannya yakni peserta didik kelas VIII J SMP N 5 Singaraja sejumlah 31 orang semester ganjil TA 2019/2020. Data kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik didapatkan menggunakan tes kemampuan pemahaman konsep matematika serta data respon peserta didik didapatkan melalui angket respon siswa terhadap pembelajaran blended berbasis Schoology. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan persentase banyaknya peserta didik dengan kemampuan pemahaman konsep dalam kategori tuntas meningkat di tiap siklusnya. Dengan menggunakan KKM mata pelajaran matematika di SMP N 5 Singaraja sebagai acuan, maka hasil peningkatan dari siklus ke siklus dapat dikatakan optimal. Peningkatan tersebut terjadi karena guru lebih menekankan pada : (1) pemberian pertanyaan-pertanyaan pancingan serta memberi kesempatan peserta didik mengkontruksi gagasan-gagasan serta pengetahuannya sendiri, (2) penggunaan Schoology yang membantu siswa untuk diskusi dengan menyesuaikan waktu dan tempat dari masing-masing siswa sehingga dapat melengkapi kekurangan dalam pertemuan kelas. Selain itu, hasil respon siswa terhadap penerapan pembelajaran blended berbasis Schoology berkategori positif dengan skor rata-rata 61,94. Kata Kunci : Pembelajaran Blended, Schoology, Pemahaman Konsep Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Blended, Schoology, Pemahaman Konsep Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: I Wayan Rizki Lucky Pratama
Date Deposited: 08 Jul 2021 16:18
Last Modified: 09 Jul 2021 02:23
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6367

Actions (login required)

View Item View Item