Pengembangan Aktivitas Pembelajaran Berorientasi Taksonomi Bloom Revisi Untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognitif Pada Siswa Kelas IV SD

Mahayanti, Kadek (2021) Pengembangan Aktivitas Pembelajaran Berorientasi Taksonomi Bloom Revisi Untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognitif Pada Siswa Kelas IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031090-COVER.pdf

Download (884kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031090-ABSTRAK.pdf

Download (125kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031090-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (228kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031090-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031090-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031090-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (628kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031090-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031090-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (255kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031090-LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini memiliki tujuan untuk mengembangkan aktivitas pembelajaran berorientasi taksonomi Bloom revisi untuk meningkatkan kemampuan metakognitif pada siswa kelas IV SD. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 4-D yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), penyebaran (disseminate). Subjek dalam penelitian ini adalah aktivitas pembelajaran berorientasi taksonomi Bloom revisi untuk meningkatkan kemampuan metakognitif. Objek dalam penelitian ini yaitu validasi aktivitas pembelajaran berorientasi taksonomi Bloom revisi yang telah dikembangkan. Sampel pada penelitian ini adalah 44 orang siswa dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, studi dokumentasi, kuesioner dan tes. Kuesioner yang digunakan untuk mengukur validasi aktivitas pembelajaran adalah berupa lembar penilaian aktivitas pembelajaran dengan bentuk rating scale yang diberikan kepada 4 orang dosen ahli isi aktivitas pembelajaran dan tes berupa soal uraian. Hasil data validasi isi aktivitas pembelajaran yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus mean untuk mengetahui rata-rata skor validasi isi aktivitas pembelajaran sebesar = 4, 47 dengan kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas pembelajaran berorientasi taksonomi Bloom revisi dinyatakan valid dan layak dikembangkan dalam proses pembelajaran siswa di kelas IV SD. Berdasarkan uji hipotesis thitung = 10,78 sedangkan pada taraf signifikansi 5% dan db = 42 diperoleh nilai ttabel = 2,01808 sehingga thitung 10,78 > ttabel = 2,01808. Dengan demikian, H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan analisis tersebut, bahwa terdapat efektivitas pengembangan aktivitas pembelajaran berorientasi taksonomi Bloom revisi terhadap kemampuan metakognitif pada siswa kelas IV SD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: aktivitas pembelajaran, taksonomi bloom, kemampuan metakognitif
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: KADEK MAHAYANTI
Date Deposited: 10 Jul 2021 11:12
Last Modified: 10 Jul 2021 11:12
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6397

Actions (login required)

View Item View Item